Tips: Membersihkan Wajah dari Makeup || Liamelqha

by - Tuesday, January 10, 2017


 

Welcome back to blog!

Hai semuanya! Apa kabarnya nih? Semoga sehat selalu yah.

Hari ini sebagai pembuka, aku mau cerita sedikit tentang pengalaman aku jerawatan karena makeup. Zaman kerja sambil kuliah dulu, aku udah pake BB Cream. Awal-awal nggak ada masalah, tapi lama-lama muka ku mulai jerawatan dan muncul kerak kulit mati disekitar cuping hidung. Nggak break out parah, keluarnya 1-1 dan gede-gede. Ini otomatis mengganggu penampilan. Padahal setiap minggu aku pasti scrubing/maskeran. Lalu aku gonta-ganti produk dan mengalami pengalaman yang sama. Lalu setelah seliweran sana-sini di rumah mbah google, ternyata penyebabnya bisa banyak hal. Mulai dari tangan yang nggak bersih saat mengaplikasikan, produk yang nggak seseuai sama kulit, dan kurang bersih saat menghapus makeup. Setelah satu per satu aku telusuri ternyata masalahku ada di masalah terakhir, yaitu kurang bersih saat menghapus makeup saat mau tidur. 


Siklus penggunaan makeup aku pada waktu itu adalah, pagi pake makeup, sore pulang rumah mandi cuci muka pake facial foam, terus pake makeup lagi dan malem pas pulang cuci muka pake facial foam (ajah) lagi. Seperti yang kalian tau BB cream yang full coverage itu kan berat yah. Lama-lama pasti numpuk. Jadi, aku mengubah rutinitas cuci muka pada malam hari. Kebiasaan ini masih aku terapkan sampai sekarang (cuma merk nya ajah yang berubah) dan akhirnya aku tetap jerawat TAPI jerawat hormon bukan jerawat karena kesalahan bersihin muka. Mukaku emang nggak sempurna, tapi paling tidak aku nggak perlu khawatir sama jerawat yang muncul karena  keteledoran cuci muka. Ini produk yang jadi andalan aku saat ini.

 

 

Jadi, tanpa panjang lebar lagi aku akan jelasin step aku cuci muka dan produk yang aku gunakan.
1. Aku akan bersihkan makeup mata dan bibir terlebih dahulu dengan makeup remover. Sekarang aku lagi pake PIXY Eye & Lip Makeup Remover

 

2. Aku menggunakan cleansing oil untuk membersihkan makeup wajah. Sekarang aku menggunakan Biore Cleansing Oil gantian dengan Coco Roselle Virgin Coconut Oil. Biasanya aku langsung tuang minyaknya di tangan lalu di usap ke wajah (hindari bagian mata), lalu bilas pake air.

 

3. Setelah pake bersihin pake minyak, aku akan menggunakan Facial Foam untuk membersihkan sisa makeup dan minyak. Sekarang aku pake Nivea White Makeup Clear 2 in 1 Foam gantian dengan Nivea White Oil Control Makeup Clear 2 in 1 Mud. Nah, saat proses ini, aku akan menggunakan facial brush untuk lebih membersihkan wajah ku sampai ke pori-pori.

  

 

4. Setelah selesai cuci muka, aku akan menggunakan sejenis micellar water. Kemarin aku pake Bifesta, tapi karena habis dan di kotaku ga da yang ready stock + agak mahal, jadi aku pake PIXY Cleansing Express Brightening yang pasti yang nggak mengandung alkohol. Yang kulitnya selalu perih saat pake toner, coba cari yang ingredients nya gak ada alkoholnya.


5. Setelah semua bersih, baru aku pake Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel untuk menyegarkan kembali wajah dan melembabkan. Meskipun nantinya aku tetap pake skin care (night routine) yang lain.


Kalo kondisi dimana aku harus dandan tiap hari, semua step ini tetap aku lakukan. Bisa dikatakan deep cleansing kali yah. Meskipun dilihat dari langkah-langkahnya wajah akan terasa kering, tapi ini nggak kering-kering banget kok. Karena aku menggunakan oil untuk membersihkan sisa makeup yang membuat wajah lebih lembab. Tapi, balik lagi ke kulit masing-masing yah. Oh iyah, tipe kulit ku kombinasi. Biasanya setelah cuci muka dan kemudian menggunakan aloe vera gel, aku akan tetap menggunakan pelembab untuk mencegah area yang kering (kulit kombinasi) menjadi tambah kering. 

Oh iyah, kalo misalnya ada yang nanya kok nggak pake tisu basah? Kalo aku kurang suka pake tisu basah. Dulu pernah pake tisu basah yang khusus untuk membersihkan wajah, tapi hasilnya bikin kulit wajah aku perih. Jadi, aku nggak langsung pake tisu basah untuk membersihkan wajah. Kalaupun aku pake tisu basah, tisunya cuma bakalan aku pake untuk bersihin minyak (langkah ke 2).

Jadi, penting banget yah memilih teknik mencuci wajah yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit kita masing-masing. Awal-awal mungkin agak susah seperti trial n error, tapi setelah menemukan yang tepat sebisa mungkin stick on it. Apalagi yang tiap hari harus menggunakan makeup. 

Sampai disini dulu yah tips kali ini. Semoga bermanfaat untuk temen-temen semua. Ingat, jangan cuma pake makeup ajah, tapi jagalah kulit juga (kasih makan gitu) dan kulit kamu akan berterima kasih sama kamu dengan menampilkan kulit yang sehat.

Have a nice day!

Thank you for reading!

See you in the next post!
XOXO

Liamelqha

Note: Produk yang digunakan bukan sponsorship dan hasil kinerja produk bisa bervariasi tergantung jenis kulit.

You May Also Like

8 comments

  1. Aku juga mau buat ah skincare routine begini :3

    www.vinasaysbeauty.com


    ReplyDelete
  2. hai, aku malah lebih suka pakai yg oil based dulu :D soalnya dia gampang banget lelehin make up. oia, cleansing brush nya kamu beli dimana?

    www.fujichan.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fuji,
      Aku juga pake yang oil based dulu untuk lelehin foundation. :D Cuma untuk mata, aku kurang suka pake oil cleansing soalnya sering masuk kemata, bikin mata jadi burem.. hehe..
      mm,, cleansing brushnya aku beli di supermarket ajah Fuji. Tapi di toko kosmetik kadang2 ada juga.

      Makasih udah mampir yah, dear. ^^

      Delete
  3. Wah belum pernah nyobain facial brush... Noted.. Tfs ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Retno,
      Boleh di coba pake facial brush dear, tapi pastiin cari yang bulu nya super halus yah. Supaya kulit kamu nggak iritasi. :D
      Senang kalo post ini bisa membantu kamu, Retno.

      Makasih udah mampir yah ^^

      Delete
  4. Jadi ke inget Nivea White Oil Control Makeup Clear 2 in 1 Mud, yang terdampar di meja rias. Blm kucoba sama sekali. Hahaha

    deprut.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk..
      Nivea mu kayaknya mau jadi ikan paus dep, terdampar dimeja mu.
      :p

      Makasih udah mampir depp :*

      Delete

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya.

Thank you. ^^