It's been a long time

by - Sunday, October 11, 2015

Hai semuanya!! Udah lama banget aku ga buka blog ini, karena ada masalah yang aku hadapi sejak kelahiran anak pertamaku. Setelah anakku lahir kondisinya agak kurang sehat, dia mengalami HIRSCHSPRUNG DISEASE.

Awalnya kami (aku dan keluarga) tidak mendapat kejelasan sama sekali dari dokter anak yang menangani anakku dan tidak tahu apa itu hirschsprung, dan kami tidak bisa mengerti penjelasan dari berita yang dibaca dari internet. 

 Sebelum lanjut lebih jauh nama anakku Edward Frederich Teo, lahir tanggal 28 Februari 2015, jam 1 lewat dini hari.Karena tidak mendapatkan kepastian tentang kondisi anakku yang sebenarnya, kami pindah ke rumah sakit lain. Tapi kondisi anakku bukannya membaik, malah makin menurun.

 Jadi kami putuskan untuk membawa dia ke rumah sakit spesialis anak di negeri seberang (Singapura) karena negara tersebut adalah negara yang paling dekat dengan Batam dan kami juga memiliki beberapa relasi disana yang bersedia membantu kami. Mulai dari memanggil ambulance untuk siap-siap di pelabuhan Singapura sampai untuk masalah registrasi dan syarat-syarat administrasi.

Singkat cerita, anak saya positif menderita hirschsprung disease. Hirschsprung disease merupakan (dalam kasus anakku dan berdasarkan penjelasan dari dokter yang menangani) adalah tidak berfungsinya beberapa bagian usus dikarenakan tidak sempurnanya sel/saraf, untuk mengetahui dengan pasti harus dilakukan proses biopsi).  Anakku sudah menjalani operasi open colostomy (membuat lubang di perut agar fesesnya bisa dikeluarkan/ membuat lubang stoma), dia juga sudah mengalami operasi close colostomy (lubang yang di perut sudah ditutup kembali, usus yang tidak berfungsi sudah di buang dan usus yang berfungsi sudah disambung kembali ke lubang anusnya). 
Syukur aku panjatkan, karena sekarang anakku sudah sehat. Meskipun pedih dan sedih jika mengingat masa itu. Membayangkan dia harus merasakan tajam nya jarum infus, jarum suntik, tidur di rumah sakit, bius untuk operasi, sampai untuk meredakan rasakan sakitnya, pihak dokter dan tim harus memberikan morfin.

Masalah yang kami hadapi sekarang ini, anakku sering kembung. Nggak jelas kenapa, tapi setelah dikonsultasikan ke dokter, kembung ini bukan karena sakit hirschsprung yang dulu dialami. Apakah ada ibu-ibu yang diluar sana yang mengalami hal yang sama? Ada rekomendasi cara untuk meredakan dan mencegah bayi kembung?
Sepertinya, sampai disini dulu cerita kali ini. Penjelasan atas tak terurusnya blog ini.  Nantikan postingan saya yang berikutnya. Sepertinya postingan tentang halloween bakalan seru untuk bulan Oktober. 

Updated:
Sejak postingan ini kami harus bolak-balik kontrol ke rumah sakit di negeri seberang, kami terlalu takut untuk membawa anak kami kerumah sakit di Batam (karena kami tidak mau menerima jawaban yang tidak pasti). Memang membutuhkan biaya besar, tapi yang namanya orang tua pasti akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Kami juga menjalani kontrol untuk pemeriksaan ginjal (pertengahan tahun 2016). Karena pada saat masuk rumah sakit disana pertama kali, ginjal anakku juga mengalami masalah karena infeksi diusus tersebut. Jadwal kontrol ke dokter spesialis ginjal ini juga sudah dijadwalkan oleh rumah sakit, 1 tahun setelah keluar dari rumah sakit untuk yg pertama kali (umur 29 hari). 6 bulan pertama sejak kelahirannya kami selalu was-was dan selalu memyediakan 1 tas yang berisi semua dokumen keberangkatan. Jadi jika kondisinya menurun, keesokan harinya kami langsung berangkat naik kapal paling pagi menuju Singapura. 

Berat rasanya, waktu seperti tidak berjalan. Tapi itu dulu, 1 tahun yang lalu. Sekarang anak kami tumbuh sehat dan aktif (aku nggak pernah berhenti bersyukur). Sebentar lagi dia akan berulang tahun yang kedua *yeay*. Sekarang sudah banyak kelakuannya. Haha. Sudah bisa pura-pura nangis, pura-pura ngambek, sudah merasa gede (kalo jalan di mall gak mau di gandeng) dan masih banyak lagi. Yang paling penting dia sehat, ceria, dan aktif, serta selalu membawa tawa untuk kami semua. Thanks for being healthy, my dear son. We love you. 

See you in the next post.
Oh iyah, jangan lupa doakan anakku sehat terus yah.. Thank you in advance..
Maaf yah kalau bahasanya berantakan.. But, this is me..
See you in the next post..
Mudah-mudahan masih mau balik ke blog aku yah..
Thank you for reading..

XOXO

Liamelqha

You May Also Like

4 comments

  1. salam kenal mba..tinggal di batam ya ? saya di kota tanjungpinang,...oh ya udah gabung di komunitas blogger kepri di FB ? ayo gabung mba..kalau berkenan hehehe
    btw moga anaknya terus tumbuh menjadi anak yg sehat ya..cerdas dan terus membahagiakan orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ina,
      Wah deket yah kita, iyah aku di Batam nih.
      Wah belum gabung tuh saya, masih baru juga blogging nya. Hehe. Terima kasih infonya mbak Ina. Nanti saya cek yah.
      Aminn,, terima kasih doanya mbak.

      Makasih sudah mampir disini yah.. ^^

      Delete
  2. salam kenal kak.. pujiTuhan ya sekarang si kecil sudah sehat dan ceria :D semoga selalu sehat dan semakin membanggakan kedua orangtuanya.. terharu dengan perjuangan mbak dan mas, yang selalu mengusahakan yang terbaik untuk sikecil..

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenni, kita kan udah kenalan. Hihi.
      Makasih, dear. Aminn.. Semoga sehat selalu..

      Makasih udah mampir jenn. :*

      Delete

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya.

Thank you. ^^