Tips: Skincare Routine Untuk Kulit Kombinasi || Liamelqha

by - Thursday, May 31, 2018

Welcome back to Journey About Makeup!

Haiii! Apa kabarnya teman-teman hari ini? Semoga baik selalu yah!

Sekarang ini aku sedang fokus untuk merawat kulitku baik dari luar maupun dalam. Yah, agak telat sih karena baru beberapa tahun ini aja aku mulai fokus sama kulitku. Harusnya itu aku mulai merawat kulitku sejak usia remaja dengan produk yang tepat. Maka dari itu saat ini skincare tidak pernah lepas dari keseharianku, baik pagi/siang maupun malam.



Kenapa aku sekarang lebih fokus di perawatan kulit? Karena makin ke sini alias makin tua ini, aku jadi makin males pake makeup yang tebel kecuali untuk acara tertentu. Kalau dulu, ngemall aja foundation pasti yang full coverage (karena menutupi dosa di kulit), terus pulang udah capek terus bersihinnya ga maksimal akhirnya masalah kulit muncul. Kalau sekarang makin tipis makin seneng aku. Jadi, untuk aku sekarang ini punya kulit yang sehat itu lebih penting jadi nggak banyak yang perlu ditutupin. Palingan cuma untuk meratakan warna kulit wajah, karena spider vein di wajah ingin menunjukkan eksistensinya.

Disclaimer: Aku bukan seorang ahli kulit, aku hanya berbagi pengalamanku menghadapai kondisi kulitku. Aku juga bukan menggurui, yang berhasil di aku bisa jadi berbeda hasilnya di teman-teman. 

Setelah kapan waktu aku sharing pengalaman dan tips aku tentang kulit dehidrasi, kali ini aku pengen sharing tentang skincare routine untuk kulit kombinasi yang sudah aku jalanin sekitar sebulanan ini. Skincare routine aku ini sudah pasti terinspirasi dari skincare step ala Korea. Tapi produknya aku sesuaikan dengan kondisi kulit, lingkungan dan pastinya kantong juga wkwk. Jadi ini lah beberapa skincare routine yang cocok di kulit kombinasi.

Baca juga: Tips Menghadapi Kulit Dehidrasi

1. Cleansing Oil
Membersihkan wajah dengan cleansing oil ini biasa aku lakukan malam hari, sore hari atau sebelum tidur, jika aku menggunakan makeup sebelumnya. Nah, cleansing oil ini digunakan untuk melumerkan makeup agar lebih mudah untuk dibersihkan. Sekarang ini aku sedang menggunakan Bio Oil sebagai cleansing oil, karena aku mau menghabiskan stok Bio Oilku yang nggak habis-habis. Produk cleansing oil lain yang pernah aku coba adalah Biore Cleansing Oil, tapi yang ini agak mahal dan perih di mata. Makanya aku nggak repurchase.

2. Facial Cleanser
Aku punya dua macam facial cleanser, pertama facial cleanser untuk pagi/siang hari yang tidak banyak atau tidak ada busanya. Dengan kata lain aku menggunakan facial cleanser tanpa SLS. Karena untuk pagi/siang hari, aku hanya perlu pembersih wajah untuk membersihkan sisa skincare pada malam hari sebelumnya. Dua produk yang sedang aku gunakan adalah Sensatia Botanicals Green Tea & Tamarind Facial Cleanser dan Clinelle PureSWISS Hydracalm Cleansing Gel.



Kedua, facial cleanser yang aku punya adalah facial wash yang lebih deep cleansing untuk malam. Yang bisa untuk membersihkan minyak dan makeup. Facial cleanser seperti ini biasanya aku gunakan setelah aku menggunakan cleansing oil. Facial cleanser seperti ini membantu untuk mengangkat sisa makeup dan minyak dari cleansing oil sebelumnya. Saat ini aku menggunakan Avoskin Aloe Vera Facial Wash dan Senka Perfect Whip.

Baca juga: Review Sensatia Botanicals Green Tea & Tamarind Facial Cleanser

3. Exfoliation

Aku udah pernah cerita juga sih tentang eksfoliasi di sharing-an aku tentang kulit dehidrasi. Eksfoliasi nggak aku lakukan setiap hari yah. Biasanya aku mengeksfoliasi kulit wajahku 2-3 kali seminggu atau kalau aku menggunakan makeup, biar lebih bersih aja gitu. Aku masih belum bisa berpaling dari Shylas Factory Kofe Face and Body Scrub. Aku lebih suka melakukan eksfoliasi ini malam hari.

4. Face Mask

Face Mask ditahap ini biasanya aku pake yang jenisnya wash off seperti clay mask, oatmask ataupun masker sejenis. Aku menggunakan masker seperti ini setelah melakukan eksfoliasi wajah. Jadi kira kira 2-3 kali seminggu. Kenapa aku perlu maskeran lagi setelah eksfoliasi? Jadi aku maskeran lagi biasanya untuk detoksifikasi kulit wajah atau supaya lebih deep cleansing atau untuk menghidrasi kulit. Aku sesuaikan pilihan maskernya sesuai dengan kebutuhan kulitku. Misalnya untuk detoksifikasi aku pake I Need You Face and Body Mask, untuk deep cleansing aku pakai Maika'i Face Mask. Kedua masker ini adalah masker dari Shylas Factory. Sementara untuk menghidrasi kulit biasanya aku pake masker DIY (Do It Yourself) dari oat dengan bahan alami lainnya yang memiliki manfaat untuk melembabkan kulit.

5. Toner
Aku agak ribet sih soal toner ini. hahaha. Karena saat ini aku punya dan pakai dua jenis toner. *sekali lagi aku bukan skin expert yah, jadi ini cocok di aku  tapi bisa kurang cocok di kulit teman-teman*. Toner pertama adalah cleansing toner yang aku gunakan setelah mencuci wajah malam hari atau habis maskeran basah. Supaya aku lebih yakin kalau kulit aku itu bersih sebelum menggunakan skincare. Kadang masih ada sisa makeup ataupun stain dari masker lho ketika aku di bersihin pake cleansing toner. Aku sendiri pakai campuran Apple Cider Vinegar dan air (perbandingannya 1 banding 4) sebagai cleansing toner aku.



Toner kedua adalah hydrating toner. Hydrating toner ini aku gunakan untuk mempersiapkan kulitku sebelum skincare-an. Kalau untuk hydrating toner aku percayakan dengan Hatomugi Skin Conditioner tapi kadang aku pake air mawar aja sih. Biasanya ini aku gunakan setelah cleansing toner tadi (untuk rutinitas malam hari) dan setelah mencuci wajah (untuk rutinitas pagi/siang hari).

Baca juga: Hatomugi Skin Conditioner

6. Essence

Essence selalu aku gunakan setelah menggunakan toner setiap pagi/siang dan malam. Essence yang sedang aku gunakan saat ini adalah essence dari produk lokal yaitu dari merek Avoskin. Essence yang ringan menjadi awal dari rangkaian perawatan wajah pagi/siang dan malam. Jadi kulitku nggak kaget dari proses selesai cleansing masuk ke proses skincare.

7. Serum

Beralih ke produk skincare yang lebih tebal teksturnya, selanjutnya aku menggunakan serum. Selama aku menerapkan skincare routine seperti ini, aku belum menggunakan serum yang khusus banget. Aku menggunakan serum yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit saja, yaitu Clinelle PureSwiss Hydracalm Serum. Penggunaan serum ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing juga loh. Misalnya kamu ingin fokus pada masalah penuaan kulit, kamu bisa menggunakan serum yang berhubungan dengan anti aging. Nah, serum ini juga aku gunakan pagi/siang dan malam hari.

8. Eye Cream

Memiliki area kantong mata dan pinggiran mata yang kurang lembab, membuat aku perlu untuk memperhatikan area yang hampir terlupakan ini. Jadi aku menggunakan eye cream dari Avoskin. Krim mata ini cukup menghidrasi area sekitaran mataku loh.

Baca juga: Intensive Nourishing Eye Cream

9. Moisturizer dan Night Cream

Berikutnya untuk pagi/siang hari aku lanjutkan dengan penggunaan moisturizer dan untuk malam hari aku lanjutkan dengan menggunakan krim malam. Moisturizer yang sedang aku gunakan saat ini dalam bentuk lotion dari Clinelle PureSwiss Hydracalm Lotion. Sementara untuk krim malam, aku menggunakan Adoree Paris Lightening Night Cream.

Baca juga: Adoree Paris Lightening Night Cream

10. Sunblock
Setelah menggunakan moisturizer di skincare pagi/siang hari, aku lanjutkan dengan menggunakan sunblock. Sunblock yang sedang aku coba saat ini adalah merek Skin Aqua. Skincare routine pagi/siang hariku berakhir di pemakaian sunblock. Kalau aku mau keluar biasanya langsung aku lanjutkan dengan penggunaan makeup.

11. Sheet Mask atau Face Oil
Untuk malam hari, setelah menggunakan krim malam aku menggunakan face mask. Ini sih aku lakukan 1-2 kali seminggu. Jadi nggak setiap hari karena aku juga selingi dengan penggunaan face oil. Pemakaian yang lebih banyak itu adalah face oilnya. Ketika aku nggak maskeran pake sheet mask, biasanya aku akan mengakhiri night skincare routineku dengan face oil. Aku menggunakan sheet mask atau face oil pada tahap terakhir dengan tujuan mengunci semua skincare yang aku gunakan agar dapat bekerja dengan baik. Face oil yang aku gunakan saat ini adalah Argan Oil dari Lanka.



Baca juga: Lanka Argan Oil

Banyak banget yak tahapan skincareku, tapi semua terbayarkan ketika aku merasakan kondisi kulit wajahku jadi jauh lebih baik. Kulitku nggak sempurna, tapi aku merasa kondisi kulitku jauh lebih baik. Kondisi kulitku yang sering kering tiba-tiba di area pipi, sekarang udah nggak lagi. Tapi jerawat hormonal tetep pengen eksis yah cyinn.

Makanan juga sangat mempengaruhi kondisi kulit yah. Kekurangan asupan air juga akan membuat kulit terpengaruh. Makanan pedas pun berpengaruh banget loh. Ini terjadi sama aku, kalau aku setiap hari makan sambel berturut-turut. Kulit area pinggiran hidung, ujung bibir dan di bawah bibir akan akan merah dan terkelupas. Rasanya perih banget. Di saat seperti ini, aku akan menggunakan lebih banyak produk hydrating tanpa alkohol atau yang water based secara bertahap dalam sehari. Jadi, jangan lupa mengatur dan mengontrol makanan yah, Cantik.



Kalau kamu skincare routinenya gimana? Apa ajah produk-produk yang temen-temen pakai untuk day atau night skincare routine kamu?

Thank you for reading!

Have a nice day!

See you in the next post!

XOXO
Liamelqha


You May Also Like

0 comments

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya.

Thank you. ^^