10 Kesalahan Skincare-an di Usia Remaja

by - Monday, August 30, 2021

Welcome back to JourneyAboutMakeup!


Hi guys!


Aku kapan hari tiba-tiba ajah kepikiran, kalau aku punya mesin waktu dan bisa kembali ke masa teenager usia SMP gitu apa yang akan aku ubah dalam hal skincare atau beauty. Apakah aku sedang dalam masa penyesalan? Bisa dibilang begitu, karena setelah aku pikir-pikir aku banyak banget acuh soal skincare atau beauty saat itu. Misalnya salah cara perawatan jerawat, hormonal acne yang berimbas kulit wajahku sekarang banyak bekas jerawat yang bopeng gitu. 

Kesalahan-Skincare-Di-Usia-Remaja

Tapi, menyesal juga nggak ada gunanya juga ya kan? Udah seharusnya move on, cari cara yang lebih baik untuk merawat  kulit. Lalu kenapa juga bikin tulisan ini? Well, sebagai sharing pengalaman ajah siapa tau ada diantara pembaca aku yang merupakan teenager atau anak usia SMP atau SMA yang mengalami hal yang sama tapi bingung harus gimana. 


Saat ini sih udah banyak informasi yang bisa dicari ya, udah mudah banget nyarinya tinggal buka hp buka browser. Kalau zaman aku SMP itu kalo ga salah udah ada internet tapi aku belum punya aksesnya. Mesti ke warnet dan informasinya juga nggak sebanyak sekarang. Ke warnet juga buat kerjain tugas atau ngeprint tugas, mana lah kepikir browsing. Dulu juga masih sedikit blogger/vlogger yang sharing edukasi skincare gitu. Makanya dulu aku sempat masuk aliran sesat perbeauty-an. Apa ajah contoh aliran sesatnya?


1. Cuci Muka Sesering Mungkin Biar Nggak Berminyak

10-Kesalahan-Skincare-an-di-Usia-Remaja-1

Siapa yang dulu sering begini atau yang sekarang baca ini masih melakukan ini? Rasanya risih ya tiap kali lihat muka berminyak langsung cuci muka pakai sabun facial wash. Sehari bisa 3-4 kali cuci muka. Kalau kulit wajahmu bukan kotor yang kena lumpur atau kotoran berat dari luar, mencuci wajah 3-4 sehari itu amat sangat berlebihan. Niatnya ingin menghempaskan minyak di wajah, tapi hal ini malah memicu kulit kita untuk memproduksi minyak yang lebih banyak karena kulit kita jadi terlalu kering. Idealnya cuci muka 2-3 kali sehari dengan sabun pencuci wajah yang gentle. Kalo cuma di rumah ajah 1-2 kali sehari juga sudah cukup kok.

2. Kulit Berminyak Nggak Perlu Moisturizer

10-Kesalahan-Skincare-an-di-Usia-Remaja-2

Aku sempet berpikir sepertinya 15 tahun yang lalu. Alasannya, mukaku kan berminyak udah 'lembab' karena minyak wajah ataupun aku nggak mau pake pelembab lagi karena mukaku akan berjerawat kalau pakai moisturizer. Ini konsep yang sangat salah yang manteman dan dikadik (sok tua banget dah). Meskipun tipe kulit kamu berminyak atau pun kombinasi, kulit tetap perlu moisturizer atau pelembab yah. Karena dengan pelembab yang tepat dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan memperbaiki tekstur kulit juga. Masih nyambung sama cuci muka tadi nih, jadi kalau kamu pakai pelembab yang tepat kelenjar minyak akan 'berpikir' 'oh kulit masterku udah lembab nih, nggak perlu produksi minyak yang banyak, kurangi produksi minyaknya kawan-kawan'. Kalau kamu takut kulitmu akan berjerawat karena "terlalu lembab", kamu bisa cari pelembab yang berbahan dasar air sehingga pelembab ini nggak menutup pori-pori yang menyebabkan jerawat. Tapi minyak dengan takaran yang tepat juga bisa jadi baik untuk kulit kita loh.

3. Masih Muda Nggak Perlu Sunscreen

10-Kesalahan-Skincare-an-di-Usia-Remaja-3

A BIG MISTAKE kalau berpikiran seperti ini, yah aku dulu begini. hehe. Saat ini sunscreen untuk anak-anak ajah udah banyak, berarti sedini mungkin sebaiknya pakai sunscreen yang disesuaikan dengan kondisi berapa lama terpapar mataharinya. Sunscreen itu juga melindungi kulit kita dari sinar dari gadget juga loh. Aku dulu sekolah selalu ikut upacara, ekskul Pramuka, ekskul PMR, dan ekskul lainnya diikutin tapi nggak pernah pake sunscreen. Alhasil kulit gosong ya, belum lagi jerawat hormonal yang sering dipecahin. Udah bekasnya hitam terpapar matahari tanpa sunscreen yah makin hitam lah bekasnya. Makin susah hilanginnya dan ini terjadi hingga kuliah. Iyah, aku mulai pakai sunscreen itu ketika udah kenal facial di oknum kecantikan. Saat itu tiap habis facial (kalo facial siang) selalu dipakein sunscreen. Sunscreen berBPOM apa nggak, saat itu ga tau yah. 

4. Pakai Produk Abal-Abal

Karena aku nggak pake sunscreen, sering beraktivitas di luar ruangan terpapar matahari langsung kulitku jadi gelap dan dekil dan aku kena sindrom cantik itu harus putih dan juga kena sindrom Twilight. Berasa pengen jadi vampir karena crushnya itu Edward Cullen. hahahaha. Di bangku SMK tiap hari aku pake jaket ke sekolah karena pas pergi aku dianter papaku pake motor dan pas pulang naik ojek. Tapi tetep belum pake sunscreen padahal udah kenal foundation dan eyeliner meskipun abal-abal ya. Mulailah aku browsing diinternet dan cari di facebook produk pemutih wajah dan badan. Ini beneran yang aku pake itu yang abal-abal yang vampire-vampire apalah itu dan pas kena matahari itu pedih coy. Karena selesai SMK aku kuliah sambil kerja, aku sering browsing di kantor efek produk abal-abal. Buanyak banget salah satunya kanker kulit, untungnya aku masih takut sama efeknya. Akhirnya aku putus sama produk abal-abal tapi aku nggak pake skincare. Karena aku kerja di dalam ruangan dan kuliahnya malem nggak kena matahari. Pikirnya begitu.


5. Pakai Produk ExfoliasiYang Bikin Kulit Mengelupas

Nggak hanya produk abal-abal, aku juga pernah pake produk yang sudah berBPOM ini aku dapat aksesnya di toko mamaku. Udah berBPOM pikirnya amanlah yah, mamaku juga pake dan banyak yang beli juga. Hasilnya emang kulitnya terkelupas dan jadi putih bening dah tapi nggak disebutin tuh kalo bakalan perih. Tergodalah yah aku dan aku pake kayak pake toner. Stop lah langsung. Lewat belasan tahun aku browsing lagi, ternyata ini obat keras dan harusnya nggak dipake bebas.  Karena setelah pake produk ini kulitku jadi terkelupas, pas pake bedak itu jadi nggak halus teskturnya. Aku pikirnya ini kulit mati yang terkelupas. Produk ini sampe sekarang masih ada dan masih banyak yang pake juga. Sekarang ini udah banyak produk Chemical Exfoliator yang udah lebih aman dan jelas BPOMnya, jadi beli yang udah pasti ajah yah.


Baca juga: Chemical Exfoliator Yang Cocok Untuk Pemula


6. Over Eksfoliasi Karena Kulit Mengelupas Makin Sering Pake Face Scrub

Karena banyak kulit yang terkelupas aku tambahin facial scrub, mikirnya biar kulit matinya cepet bersih dan makin parah sih. Ini karena aku nggak punya dasar ilmu eksfoliasi. Apa itu eksfoliasi? Eksfoliasi adalah proses mengeksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati di wajah. Nah, karena si exfoliator tadi ngelupasin kulit aku tambah scrub dan nggak pake pelembab dan moisturizer makin rusaklah skin barriernya. Kacau banget, area hidung dan bawah bibir aku itu paling parah. Kalau sekarang eksfoliasi itu udah gampang ada produk chemical dan physical exfoliator dan udah banyak juga yang share ilmunya. Btw, face scrub itu masuk physical exfoliator ya. 


7. Nggak Rutin Skincare-an

10-Kesalahan-Skincare-an-di-Usia-Remaja-4
Dulu itu belum banyak informasi tentang skincare seperti saat ini. Jangankan rutin skincare lengkap, dasarnya cuci muka-toner-pelembab-sunscreen ajah nggak tamat gimana mau skincare lengkap pake serum dan segala macamnya. Habis cuci muka ajah kadang dibiarin sampe ketiduran yang mana bikin muka kering dan jadi tambah berminyak. Aku pernah pakai claymask Korea  dan aku biarin sampai kering banget lalu habis maskeran ga pake toner ataupun pelembab. Yang seharusnya masker untuk mengurangi minyak malah bikin tambah berminyak karena after carenya itu yang nggak pas. Parahnya saat itu aku langsung menjudge produknya ga cocok buat aku. 

8. Jerawat Meradang Selalu Dipencet Sampe Pecah

10-Kesalahan-Skincare-an-di-Usia-Remaja-5

Masa remaja siapa sih yang nggak pernah jerawatan? Kalo ada yang ga pernah jerawatan, beruntungnya hidup kamu. Dulu aku sering jerawat gede-gede gitu, hilang satu timbul satu, hilang satu timbul lagi satu. Salahnya aku saat itu adalah, setiap ada jerawat aku ga tahan buat ga pencetin. Udah dipecahin dibiarin gitu ajah tanpa ada produk yang digunakan untuk merawat gitu. Alhasil setiap jerawat selalu menyisakan bekas bopeng, yang sampai sekarang nggak bisa hilang. Bisa hilang tapi kudu perawatan di klinik. Nyesel pake banget. Tapi sekarang, aku udah tau gimana cara handle jerawat gini plus menahan diri untuk mencet jerawatnya. 

9. Salah Pemilihan Jenis Skincare

Dulu aku cukup sering berjerawat, jenis jerawatnya itu sebiji sebiji dan gede-gede dan sering merandang isinya nanah gitu loh. Nah, aku belin produk untuk kulit berjerawat dari beberapa brand, semua produk yang aku pilih bertujuan untuk mengeringkan jerawat tapi aku nggak mencari produk yang tujuannya melembabkan, alhasil jerawatnya beberapa kering tapi secara keseluruhan mukaku jadi kering dan dehidrasi. Sumpah saat itu capek banget cari skincare, malah sering dibilangin beli skincare tapi muka masih gitu juga. Tapi usaha nggak akan mengkhianati ya kan, setelah struggling hampir 10 tahun dan terjun ke dunia blog gini, akhirnya aku tahu lebih banyak tentang perskincare-an. Bukan expert tapi paling nggak aku udah tapi lebih banyak ketimbang dulu. 


10. Mengacuhkan Period After Opening Produk

10-Kesalahan-Skincare-an-di-Usia-Remaja-6

Dulu aku cuma tau kalau produk itu ada tanggal kadaluarsanya, nggak tau kalau sebuah produk itu ada PAO nya. Masker atau kosmetikku dulu banyak yang aku sayang-sayang pakenya. Karena pas SMK itu masih beli pake uang jajan dan waktu kerja musti bagi keuangan untuk kebutuhan kuliah. ada produk yang udah setahun masih ku pake selama belum lewat dari tanggal kadaluarsanya. Memang sih saat itu kulitnya nggak kenapa-kenapa (syukurnya), tapi produknya jadi nggak ada efek-apa-apa di kulitku.

Baca juga: Apa itu PAO Produk Skincare? 

10-Kesalahan-Skincare-an-di-Usia-Remaja-7

Nah itu beberapa kesalahaan skincare-an saat aku masih remaja. Kalau teman-teman yang seumuran ada ga sih kesalahan skincare-an saat remaja dulu? Buat adik-adik yang masih remaja, tolong jangan diikuti yaa. Biar nggak terlambat merawat kulitnya. 

Thank you for reading!


Have a nice day!


See you in the next post!


XOXO

Liamelqha


You May Also Like

0 comments

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya. Y

Thank you. ^^