Sp. Review: Kandungan Tea Tree Untuk Kulit Sensitif dari iUNIK Tea Tree Relief Toner dan Serum

by - Monday, April 05, 2021

 Welcome back to JourneyAboutMakeup!


Hi guys!


Memiliki kulit yang sensitif membuat kita harus sangat ekstra berhati-hati dalam memilih perawatan kulit ya. Salah-salah kulit malah jadi ngambek dan meradang. Aku sendiri memiliki kulit yang sedikit sensitif dengan panas. Kalau sering berada di ruangan yang panas, sering keringatan, terlalu lama di depan penggorengan bisa membuat wajahku merah-merah. Kemerahannya nggak terlalu parah, masih bisa ditutupi dengan bedak atau foundation. Tapi ketika di rumah cuma bare face ajah, kemerahan ini cukup kelihatan. Aku juga sering mengalami kemerahan pada pinggiran hidung dan pinggiran bibir. Untuk kemerahan di pinggiran bibir agak lama baru bisa hilang, kadang belum hilang udah timbul lagi. Sering juga kalau habis pake foundation atau two way cake muncul kemerahan bintik-bintik yang kalau nggak di rawat bisa jadi jerawat.

iUNIK-Tea-Tree-Relief

Nah, aku berkesempatan untuk mencoba produk iUNIK. iUNIK sendiri merupakan brand skincare asal Korea Selatan yang menggunakan bahan natural yang hipoalergenik yang cocok untuk semua jenis kulit. Produk iUNIK yang diimpor oleh iUNIK Indonesia sudah memiliki izin BPOM loh, jadi tenang ajah pasti aman tapi tetap pilih produk yang sesuai jenis kulitmu ya.

iUNIK-Tea-Tree-Relief-3

Produk yang aku coba kali ini adalah iUNIK Tea Tree Relief Toner & Serum. Dulu, aku sempat berpikir kalau tea tree itu hanya boleh digunakan untuk kulit yang berjerawat acne prone, karena (dulu) aku memiliki jenis kulit acne prone lalu pakai produk tea tree (tanpa pengetahuan) yang bikin jerawat kering. Tapi setelah jerawat kering kulitku malah jadi kering sampe mengelupas. Tapi semakin ke sini, semakin aku belajar aku mendapat pelajaran baru kalau nggak semua produk yang mengandung tea tree hanya boleh digunakan oleh kulit acne prone. Jika dikombinasikan dengan ingredients yang tepat malah bisa jadi produk yang bisa digunakan untuk merawat kulit yang tidak sedang berjerawat. Klaim manfaat dari iUNIK Tea Tree Relief antara lain untuk skin soothing, blemish care, nutrition, dan brightening & wrinkle care. Kalau dilihat dari klaimnya sepertinya cocok dengan kebutuhan kulitku nih, FYI jenis kulit aku sekarang kombinasi oily-dry ya. Lalu apakah cocok? Bahas ajah yuk!


iUNIK TEA TREE RELIEF TONER

BPOM NA26191205720

iUNIK-Tea-Tree-Relief-9


Deskripsi produk:

Toner ini dapat membantu kulit sensitif dapat membantu menenangkan kulit dan menyeimbangkan air minyak dengan air daun pohon teh 67%, dan air daun Centella Asiatica 19,5% dan 6 ekstrak kecambah 6.000 ppm untuk pembersihan kulit dan nutrisi.


Kemasan:

iUNIK-Tea-Tree-Relief-Toner-1

iUNIK Tea Tree Relief Toner ini dikemas dalam botol plastik berwarna bening dengan tutup ulir berwarna putih. Labelnya simpel berwarna putih dan hijau muda. Tidak ada aplikator khusus untuk toner ini, hanya ada satu lubang untuk mengeluarkan produknya. Meskipun tidak ada aplikator khusus, tapi dengan kepala botol yang seperti ini tonernya nggak keluar secara mubajir. Dituang ke kapas maupun ke telapak tangan langsung pun, nggak berlebihan keluarnya.  Dengan kepala botol yang seperti inipun penggunaannya jadi lebih mudah untuk kategori toner. Tidak ada kemasan dusnya, tapi satu botol ini disegel plastik dengan sangat baik. Selain itu di kemasannya juga tertera QR Code untuk nomor BPOM dan otentikasi keaslian produk. Tidak lupa juga ada informasi cara penggunaan produk, tanggal kadaluarsa, dan PAO.


Ingredients:

Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf water, Centella asiatica leaf water, Butylene glycol, Niacinamide, Glycerin, Water, Centella asiatica extract, 12-Hexanediol, Betaine, Sodium hyaluronate, Caprylyl glycol,Polyglyceryl-4 caprate, Portulaca oleracea extract, Brassica oleracea italica (broccoli) extract, Medicago sativa (alfalfa) extract, Brassica oleracea capitata (cabbage) leaf extract, Triticum vulgare (wheat) germ extract, Brassica campestris (rapeseed) extract, Raphanus sativus (radish) seed extractallantoin, Ethylhexylglycerin, Dipotassium glycyrrhizate, Aloe barbadensis leaf extract, Ormenis multi caulis oil, Pentylene glycol, Aspalathus linearis extract, Glycyrrhiza glabra (licorice) root extract, Commiphora myrrha resin extract, Perilla frutescens leaf extract, Yucca schidigera root extract.


Cara pemakaian:

Tuang toner secukupnya pada kapas dan usapkan pada kulit yang bersih. Gunakan pada pagi dan malam hari sesuai kebutuhan kulit.


iUNIK TEA TREE RELIEF SERUM

BPOM NA26200100322

iUNIK-Tea-Tree-Relief-8


Deskripsi produk:

iUNIK Tea Tree Relief Serum dibuat khusus untuk kulit sensitif. Produk ini mengandung 100% produk alami, dengan 67% kandungan tea tree, 19,5% ekstrak daun Centella Asiatica dan ekstrak 6 macam kecambah organik (rapeseed, broccoli, wheat, alfalfa, radish, cabbage). Menjadikan kulit lebih cerah, jernih, melembabkan dan meredakan kulit wajah yang teriritasi. Cocok untuk kulit sensitif berminyak. 


Kemasan:

iUNIK-Tea-Tree-Relief-Serum-1

Berbeda dengan tonernya, iUNIK Tea Tree Relief Serum ini memiliki dus luaran yang berwarna putih dan hijau. Untuk varian tea tree ini memang identik dengan kemasan warna putih dan hijau. Di kemasan dus ini juga tertera QR Code untuk nomor BPOM dan otentikasi keaslian produk yah. Info lain seperti tanggal kadaluarsa dan PAOnya juga ada yah.

iUNIK-Tea-Tree-Relief-Serum-2

Nah, serumnya sendiri dikemas dalam botol kaca tebal dan bening dengan tutup dropper berwarna putih yang digunakan sebagai aplikatornya. Labelnya tetap warna putih hijau ya. Droppernya juga bening yah, jadi tetap bisa lihat seberapa banyak produk yang kita ambil. Kalau pake dropper gini, ada baiknya jangan kena ke skin surface yah agar produk di dalamnya tetap higienis.


Ingredients:

Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf water (67%), Centella asiatica leaf water (19%), Butylene glycol, 1,2-Hexanediol, Niacinamide, Glycereth-26, Water, Centella asiatica extract, Sodium hyaluronate, Glycerin, Betaine, Portulaca oleracea extract, Brassica oleracea italica (broccoli) extract, Medicago sativa (alfalfa) extract, Brassica oleracea capitata (cabbage) leaf extract, Triticum vulgare (wheat) germ extract, Brassica campestris (rapeseed) extract, Raphanus sativus (radish) seed extract, Cellulose gum, Allantoin, Beta-glucan, Caprylyl glycol, Ethylhexylglycerin, Pentylene glycol, Adenosine, Dipotassium Glycyrrhizate, Xanthan gum, Chlorophyllin-copper complex.


Cara pemakaian:

Tuang serum secukupnya pada telapak tangan. Aplikasikan serum pada kulit dan tepuk lembut bagian wajah dan leher. Gunakan pada pagi dan malam hari sesuai kebutuhan kulit.


Tekstur, aroma dan warna:

iUNIK-Tea-Tree-Relief-1

Kedua produk iUNIK Tea Tree Relief ini memiliki aroma khas tea tree tapi aromanya itu masih mild, nggak strong. Aku suka sih sama yang mild gini, kalau yang terlalu strong aku ga kuat bisa pusing. Tekstur si tonernya cair sementara si serumnya cair juga tapi feelnya lebih thick dari tonernya. Serumnya ada feel sedikit licin saat pengaplikasian. Untuk warna, iUNIK Tea Tree Relief Toner warnanya bening sementara iUNIK Tea Tree Relief Serum warnanya hijau kalau di botolnya, tapi pas aku swatch di atas kaca hampir ga keliatan sih warna hijaunya dan dipake di muka juga nggak ada warnanya. 


Kinerja:

Kedua produk iUNIK Tea Tree Relief ini memiliki key ingredients Tea Tree Leaf Water 67%, Centella Asiatica Leaf Water 19.5% dan Sprout Extract 6000ppm. Tea tree sendiri sudah lama digunakan untuk pengobatan karena ia memiliki efek anti inflamasi dan anti mikroba. Centella asiatica yang sedang booming saat inipun sudah banyak digunakan sejak dahulu, karena dapat membantu proses penyembuhan luka. Sementara Sprout Extract 6000ppm yang digunakan iUNIK ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan enzim yang dapat melindungi kulit.

iUNIK-Tea-Tree-Relief-2

Aku pakai kombinasi toner dan serumnya ini baru sekitar 2 mingguan ya. Untuk tekstur, keduanya sangat gampang menyerap dan nggak meninggalkan rasa apa-apa. Saat pengaplikasian toner aku sarankan untuk pakai dengan cara ditepuk tepuk saja, kalau dipakai dengan cara diusap dengan tangan akan ada sedikit busa. Begitu pula dengan serumnya, tapi kalau pakai serum kurang afdol kalau nggak diusap atau dipijet ya ga sih? Jadi, setelah aku tepuk serumnya ke wajah dan sudah setengah menyerap baru aku pijet. Wajah jadi auto lembab padahal belum pake moisturizer. Serumnya nggak ada efek berminyaknya ya, meskipun saat diawal pengaplikasian ada sensasi sedikit licin.


Urutan aku pake kombinasi kedua produk ini untuk rutinitas pagi atau siang, yaitu cuci muka - toner - iUNIK Tea Tree Relief Toner - iUNIK Tea Tree Relief Serum - day moisturizer - sunscreen. Sementara untuk malam hari cuci muka - toner - iUNIK Tea Tree Relief Toner - iUNIK Tea Tree Relief Serum - Retinol Serum (beberapa hari sekali) - night moisturizer - scrambled oil.


Hasil pemakaian siang tanpa sunscreen, pemakaian toner dan serum ini nggak bikin wajah oksidasi ya. Ini aku coba ajah karena sunscreen ku oksidasi, jangan ditiru kalau pagi/siang tetap pake sunscreen ya. Dipake under makeup juga nggak ganggu performa makeup. Hasil pemakaian malam, besok paginya muka jadi kenyal dan lembab gengs serta nggak kilang minyak. Happy loh aku kalo skincare yang dipake malem tapi nggak bikin kilang minyak tapi nggak kering juga keesokan paginya.

iUNIK-Tea-Tree-Relief-5

Selain itu aku juga notis beberapa kondisi wajahku jadi membaik. Seperti kemerahan di sekitar hidung dan pinggiran bibir itu terlihat berkurang. Aku pernah lagi nyobain ketahanan sebuah bedak dan setelah aku cuci muka muncul beberapa kemerahan di sekitar pipi. Malemnya aku langsung pake tonernya 3 layer dan serumnya 2 layer. Besoknya ilang kemerahannya. Penyelamat banget, kalo nggak pasti udah jadi jerawat lagi. 

iUNIK-Tea-Tree-Relief-6

Jerawat yang udah pecah setengah jalan di samping hidung itu juga nggak meradang lagi. Biasanya, jerawat yang baru pecah setengah bisa meradang lagi kan? Nah, ini nggak jerawatnya makin kempes dan dan sekarang tinggal bekasnya ajah. Pernah dalam masa percobaan kombo ini, muncul jerawat yang udah mateng di bekas jerawat yang lama di dagu. Aku layer toner sama serumnya di bagian jerawat. 2 hari udah kering loh jerawatnya, bisa di ekstrak, dan tinggal bekas kemerahannya ajah. Setelah semingguan dari jerawat mateng itu aku ekstrak, bekas kemerahannya udah memudar.

iUNIK-Tea-Tree-Relief-7


Harga dan tempat beli:

iUNIK-Tea-Tree-Relief-4

iUNIK Tea Tree Relief Toner dibanderol harga IDR320.000,- dan iUNIK Tea Tree Relief Serum dibanderol harga IDR280.000,-. Kalian bisa beli di websitenya Ponny Beaute atau bisa cek instagram @ponnybeaute biar nggak ketinggalan info terbaru dan promo dari mereka. 


Pro/Kontra:

+ Menenangkan kulit

+ Mengontrol minyak di wajah

+ Menenangkan jerawat

- Agak pricey, tapi tenang bisa beli pas promo di Ponny Beaute


Rating:

iUNIK Tea Tree Relief Toner 4.5 out of 5 

iUNIK Tea Tree Relief Serum 4.5 out of 5

iUNIK-Tea-Tree-Relief-10

Ada yang udah nyobain produk-produknya iUNIK Indonesia? Apa sih produk jagoan kalian dari iUNIK? Sharing dong!


Thank you for reading!


Have a nice day!


See you in the next post!


XOXO

Liamelqha


You May Also Like

2 comments

  1. penasaran aku tuh sama seri tea tree nya, selama ini pakai seri propolisnya tapiiiii aku suka ga cocok sama kandungan tea tree huhuhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihh sama ci, dulu aku juga kurang cocok sama kandungan tea tree. Nggak ngerti juga ya kan, tapi nekat cobain yang ini. Untungnya cocok malah jadi cintaa.. hehe..

      Delete

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya.

Thank you. ^^