Review: Fanbo BB Aqua Foundation

by - Monday, December 16, 2019

Welcome back to Journey About Makeup!

Hai semuanya! Apa kabarnya hari ini?
Lately, brand kosmetik Indonesia sedang berbondong-bondong mengeluarkan produk cushion ya ga sih? Meskipun produk cushion ini sudah lama eksis di dunia perkosmetikan Korea, tapi untuk brand lokal Indonesia sendiri baru mulai banyak dirilis pada pertengahan tahun 2019. Meskipun agak telat, tapi kita patut berbangga hati karena brand lokal Indonesia sekarang sudah mulai catching up.


Nah, kali ini aku nyobain BB Cushion lokal nih, yaitu Fanbo BB Aqua Foundation. Meskipun namanya nggak ada cushionnya, tapi ini bb cushion ya beb. Actually, ini adalah cushion lokal pertama yang aku punya. Sebelumnya punya cushion juga, tapi bukan produk lokal dan rasanya udah lama juga sih sejak terakhir kali aku review BB Cushion. Bahas yuk!

Deskripsi Produk:

Fanbo-BB-Cushion

Membantu menyempurkan penampilan yang dapat melembabkan, mencerahkan, menyamarkan noda hitam& garis-garis halus, serta melindungi kulit dari sinar matahari. Dengan hasil akhir matte namun tetap menjaga kelembapan kulit tanpa membuat kulit menjadi kering serta teruji tidak menimbulkan komedo (non-comedogenic) walaupun digunakan setiap hari.
- Flawless Natural Coverage membantu menyamarkan pori-pori dan warna kulit yang tidak merata serta garis halus akibat penuaan dini.
- Mengandung Moisturizing Essence, Extract Sakura &  Vit C yang dapat membantu mencerahkan kulit, menjaga elastisitas kulit & menjaga kelembapan kulit sepanjang hari.
- SPF 30 sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari langsung (UVA&UVB).

Klaim:
- Sebum control technology
- Double Brightening Effect
- Non Comedogenic
- Pore Minimizer
- SPF 30 PA++

Kemasan:

Fanbo-BB-Cushion

Kemasan Fanbo BB Aqua Foundation ini tidak jauh berbeda dengan BB Cushion lainnya. Yang berbeda adalah warnanya yang lucu. Produk ini memiliki 3 shades dan masing-masing shade memiliki warna kemasan yang berbeda. Misalnya shade yang aku punya yaitu 01 light, warna kemasannya itu kuning. Kalau nggak salah ada kemasan warna pink dan hijau untuk shade Natural dan beige. Kemasan BB Cushion lokal ini juga dilengkapi dengan kaca, puff dan separator untuk menaruh puffnya.



Ingredients:
Water, Cyclotetrasiloxane, Titanium dioxide, Diisopropyl adipate, Glycerin, Dimethicone, Ethyhexyl methoxycinnamate, C12-15 alkyl benzoate, Silica, Octyldodecanol, Diisosteary malate, HDI/Trimethylol hexyllactone crosspolymer, Octyldodecyl xyloside, PEG-30 Dipolyhydroxystearate, Allantoin, Niacinamide, Dipentaerythrityl tri-polyhydroxystearate, Caprylic/capric triglyceride, Gluconolatone, Cetearyl dimethicone crosspolymer, Imidazolidinyl urea, Butylene glycol, Alumina, Sodium benzoate, Aluminum hydroxide, Hydrogen dimethicone, Disodium EDTA, Talc, Stearalkonium, Bentonite, Triethoxycaprylylsilane, Rhus semialata gall extract, Calcium Gluconate, Magnolia officinalis bark extract. May contains: Methicone, CI 77492, CI 77491, CI 77499.

Cara pakai:
- Tekan dengan lembut puff ke dalam sponge agar isi produk terambil
- Tepuk-tepuk secara perlahan dengan puff & ratakan secara merata ke seluruh wajah.

Tekstur, Warna, dan Aroma:


Teksturnya seperti foundation dan cushion pada umumnya. Sementara shade Light yang aku punya ini cocok sekali dengan kulitku. Memiliki undertone yang warm/yellow dan warnanya itu beneran light. Nggak bikin keabuan, suka deh sama produk lokal yang merhatiin undertone untuk pembuatan warna shadenya. Aromanya biasa ajah sih, wangi bedak tapi nggak menyengat.

Swatches:


Harga dan tempat beli:

Fanbo-BB-Aqua-Foundation


Fanbo BB Aqua Foundation bisa dibeli langsung di konternya Fanbo Cosmetics atau bisa dibeli di online shop. Mungkin untuk sekarang ini (Desember 2019) persebaran produk di konter belum merata, tapi kalian tetap bisa cari di online shop kok. hihi. Harga resminya itu Rp105.000,- tapi kalau beli online biasanya ada yang jual lebih murah. 

How it works on my skin?
BB Cushion lokal ini agak susah diaplikasikan dengan menggunakan puff bawaannya. Puffnya terlalu banyak menyerap produk dan kurang mentransfer produk ke kulit. Jadi susah untuk meratakan produknya. Jadi aku menggunakan cushion puff dari cushion merek lain dan enak banget jatuhnya di wajah. Pertama kali diaplikasikan ada cooling sensationnya gitu. Tapi nggak beberapa lama sensasinya hilang. Oh ya, di wajahku Fanbo BB Cushion ini nggak keliatan mengalami oksidasi yah. Meskipun ketika di swatch di tangan terlihat mengalami sedikit oksidasi. Sayangnya kalau dipakai buat foto-foto dengan ring light ataupun flash pasti ada white castnya. Kalau di pake di natural light, nggak ada masalah white cast
With Natural Light

With Ring Light

Finishing dari cushion lokal ini lebih ke arah matte. Aku sendiri nggak perlu men-set cushion ini dengan bedak lagi, kecuali untuk area T-Zone yang kadang aku perlukan. Dengan ataupun tanpa di-set menggunakan bedak tabur, cushion ini bertahan di wajah kombinasiku ini selama 6 jam di ruangan ber-AC. Ini aku cobain waktu bawa anak ke playground sambil nyicil postingan ini. Setelah lewat dari 6 jam, agak terasa greasy di bagian T-Zone. Kalau dipakai buat keringatan yang ngucur gitu, 3 jam udah mulai terasa greasy di seluruh muka, tapi itu kalau dipakai sambil keringatan ala Zumba. Aku ngetesnya sih nggak sambil zumba juga, tapi aku kalau beberes rumah keringatannya bisa kayak orang zumba. Makan bakso ajah keringat jagung. haha. 

with ring light - one side
Untuk coveragenya aku bisa bilang ini light to medium di kulitku yang lagi banyak bekas jerawat di dagu. Bekas jerawatku nggak bisa tertutup sempurna, tapi cukup menyamarkan. Untuk sehari-hari aku sih suka. Kalau untuk noda-noda tipis di wajah, pasti tersamarkan. Untuk pore controlnya di aku sih B ajah, nggak menyamarkan sampai gimana banget. Bisa di bilang masih terlihat pori-poriku. Tapi untuk masalah ini, bisa diakali dengan menggunakan primer.

Kelebihan:
- Hasilnya matte
- Kemasannya lucu
- Shadenya pas sekali dikulitku
- Cocok buat yang sering keluar masuk ruangan AC
- Dengan natural light hasilnya nggak white cast

Kekurangan:
- Aplikatornya terlalu menyerap banyak produk
- Dipake outdoor panas-panasan cepat greasy.
- SPF yang tinggi membuat white cast yang cukup nyata di kamera dengan cahaya ringlight

Rating:
4 out of 5

Fanbo-BB-Aqua-Foundation

Kamu udah nyobain Fanbo BB Aqua Foundation ini? Gimana menurut kamu? Ceritain dong. :D

Have a nice day!

Thank you for reading!

See you in the next post!

XOXO
Liamelqha

You May Also Like

2 comments

  1. Aku suka banget sama kemasannya yang cantik. Ini beda shade beda warna kemasan kah? Kok unik banget gitu😍

    ReplyDelete

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya.

Thank you. ^^