Review: Rubiena Cleansing Lotion, Brightening Set dan Brightening Serum || Liamelqha

by - Thursday, February 15, 2018

Welcome back to JourneyAboutMakeup!

Hai semuanya!

Perawatan wajah itu penting banget di masa ini. Karena banyaknya polusi dari luar yang mengakibatkan kulit kita jadi lebih stres (berjerawat, kusam dan muncul flek). Di pasaran pun makin banyak produk perawatan wajah yang dijual, sayangnya beberapa diantaranya  itu bisa jadi berbahaya. Karena diproduksi dan dijual oleh orang-orang yang tidak peduli dengan keselamatan orang lain. Maka dari itu kita pun dituntut untuk pintar-pintar mencari dan menggunakan produk perawatan.



Kali ini aku mau mengulas sebuah rangkaian skincare yang hampir sebulan belakangan ini aku gunakan, yaitu Rubiena Brightening Series. Rubiena ini merupakan produk skincare merek lokal, diklaim alami dan sudah terdaftar di BPOM. Rubiena juga mengangkat slogan 'Cerah itu cantik', jadi produk-produknya bukan untuk memutihkan wajah tapi untuk mencerahkan wajah.



Aku tidak membeli produk-produk Rubiena ini sendiri, tapi aku mendapatkannya karena menang giveaway dari Rubiena. Tapi ulasan ini aku tulis dari niat aku sendiri untuk berbagi pengalaman aku menggunakan produk-produknya. Pihak Rubiena sendiri tidak meminta aku untuk membuat ulasan ini. Jadi seperti biasanya, ulasan ini murni dari pengalaman aku menggunakan produknya. Produk yang aku terima adalah Rubiena Cleansing Lotion, Rubiena Brightening Set, Rubiena Brightening Serum. Rubiena Brightening Set sendiri terdiri dari Rubiena Brightening Facial Wash, Rubiena Brightening Softener, Rubiena Brightening Day Moisturizing Gel, Rubiena Brightening Night Moisturizing Gel. Daripada makin panjang kita bahas yuk!

Rubiena Cleansing Lotion 60ml / BPOM NA 18171204557

Deskripsi produk:
Pembersih berbentuk lotion, membantu mengangkat makeup dan kotoran serta menjadikan kulit bersih dan cerah. Untuk semua jenis kulit.
Kemasan:
Cleansing lotion ini dikemas dalam sebuah botol plastik dan datang dengan sebuah kotak karton. Tutupnya menggunakan sistem tutup ulir dan badan botolnya ditempel kertas bercorak abu-abu.Tidak ada plastik segelnya kecuali stiker holo bulat yang diletakkan antara tutup dan badan botol. Di sisi botol ada informasi tentang produk dan cara pemakaiannya. Sementara ingredients-nya ada pada kemasan kotaknya. Di bagian bawah juga ada informasi tanggal kadaluarsa. Sejujurnya aku kurang suka sama kemasannya. Karena teksturnya yang agak padat dan bahan botolnya agak tebal produknya jadi susah untuk keluar. Bahan botolnya agak susah untuk dipencet.
Ingredients:
Aqua, Mineral oil (paraffium liquidium), Glyceryl stearate, Cetyl alcohol, Stearic acid, Cetearyl alcohol, Polysobate 80, Dimethicone, Caprylic/capric triglyceride, Imidazolidinyl urea, Methylparaben, Triethanolamine, PEG-20 Stearate, Chamomilla recutita flower extract, Disodium EDTA, Propylparaben, Allantoin, Tocopheryl acetate, Fragrance, Butylene glycol, Carbomer, BHT, Benzotriazolyl dodecyl p-cresol, Portulaca oleracea extract.
Aroma, tekstur dan warna:

Cleansing lotion ini memiliki warna putih kertas dengan aroma floral yang nggak begitu menyengat. Teksturnya kental tapi nggak kental banget. Cuma kemasannya membuat produk ini agak susah keluar dari botolnya.
Cara pemakaian:
Tuangkan secukupnya pada telapak tangan massage secara merata keseluruh wajah. Angkat dengan tissue. Lanjutkan dengan penggunaan facial wash-softener-serum dan pelembab.

Rubiena Brightening Facial Wash 60ml / BPOM NA 18171204557

Deskripsi produk:
Pembersih berbentuk gel, membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati.  Mengurangi terbentuknya melanin serta menjadikan kulit tampak bersih dan cerah. Untuk semua jenis kulit dan tidak mengandung alkohol.
Kemasan:
Rubiena Brightening Facial Wash ini memiliki kemasan yang sama dengan cleansing lotionnya. Bedanya adalah warna kertas pada badan botolnya yang berwarna pink dan facial wash ini nggak ada kotaknya. Jadi yang brightening set ini dikemas dalam sebuah pouch bening campur marun. Aku juga agak kurang suka dengan kemasannya karena isi facial wash ini sangat kental, jadi susah untuk dikeluarkan kalo nggak ditekan. Sementara botolnya ini agak tebel jadi susah ditekan.
Ingredients:
Aqua, Cocamidopropyl betaine, Lauric acid, Potassium phospate, Sodium laureth sulfate, Glycerin, Acrylates copolymer, Pottasium hydroxide, Myristic acid, Hydroxypropyl methylcellulose, Sodium PCA, DMDM hydantoin, Sodium chloride, Polyquartenium-7, Aloe barbadensis leaf juice, Fragrance, Butylene glycol, Alpha arbutin, Sodium benzoate, Citric acid, Potassium sorbate, Methylparaben, Camelia sinensis leaf extract. 
Aroma, tekstur dan warna:

Berbeda dengan cleansing lotionnya, facial wash ini nggak ada aroma yang signifikan. Nggak wangi dan nggak bau juga, bukan aroma floral maupun fruity. Warnanya bening dan teksturnya sangat kental.
Cara pemakaian:
Gunakan pagi dan malam.Tuangkan secukupnya pada telapak tangan dan busakan.Gunakan pada wajah yang sudah basah, massage ke seluruh wajah lalu basuh hingga bersih.

Rubiena Brightening Softener 60ml / BPOM NA 18171204557

Deskripsi produk: 
Pelembut yang dapat membantu penyerapan produk selanjutnya dengan sempurna.  Mengangkat sisa kotoran, dan menjaga kelembaban kulit, melembutkan kulit yang kasar dan mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk semua jenis kulit, tidak mengandung alkohol dan pewangi.
Kemasan:
Kemasannya sama persis dengan Rubiena Brightening Facial Wash yang berbeda hanya tulisannya saja. Nah, kalau softener ini kan sejenis toner dengan tekstur cair. Jadi cocok dengan kemasan seperti ini. Tinggal tuang ajah ke kapas nggak perlu ditekan dan lubangnya juga kecil jadi musti dishake waktu tuangnya sehinggak nggak kelebihan tuangnya.
Ingredients:
Aqua, Propylene glycol, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl urea, Allantoin, Coceth-7, Ppg-1-Peg-9 Lauryl glycol ether, Triethanolamine, Peg-40 Hydrogenated castor oil, Butylene glycol, Aloe barbadensis leaf juice, Benzotriazolyl Dodecyl p-cresol, Alpha arbutin, Camelia sinensis leaf extract, Methylparaben, Sodium benzoate, Citric acid, Potassium sorbate. 
Aroma, tekstur dan warna:

Sama dengan facial washnya, softener ini aromanya nggak memihak kemanapun. Produk dengan aroma seperti ini susah banget buat aku jelasin aromanya gimana. Tekturnya cair seperti air bening nggak berwarna.
Cara pemakaian:
Gunakan setelah membersihkan wajah dengan facial wash. Tuangkan secukupnya pada kapas dan usapkan ke seluruh wajah.

Rubiena Brightening Day Moisturizing Gel-SPF 15 15g / BPOM NA18170102314 & Night Moisturizing Gel 15g / BPOM NA18170102456

Deskripsi produk: 
Rubiena Brightening Day Moisturizing Gel: Pelembab pagi berbentuk gel dengan SPF 15 yang mudah meresap, tidak lengket dan terasa sejuk di kulit.  Berfungsi mencerahkan dan melembabkan juga sebagai tabir surya yang melindungi kulit dari sinar UV serta radikal bebas. Untuk semua jenis kulit, tidak mengandung alkohol dan pewangi.
Rubiena Brightening Night Moisturizing Gel: Pelembab malam bertekstur gel dengan fungsi mencerahkan, melembabkan, mencegah timbulnya flek, noda hitam serta memperlambat tanda-tanda penuaan dini. Untuk semua jenis kulit, tidak mengandung alkohol dan pewangi.
Kemasan:
Rubiena Brightening Day Moisturizing Gel ini dikemas dalam sebuah pot berwarna putih dengan tutup ulir berwarna bronze. Di dalamnya juga ada penutup plastik lagi antara produk dan tutupnya. Bedanya dengan Rubiena Brightening Night Moisturizing Gel ada pada tulisannya.
Ingredients:
Rubiena Brightening Day Moisturizing Gel: Aqua, Ethylhexyl methoxycinnamate, Propylene gycol, Glycerin, Cyclopentasiloxane, Dimethicone, Silica, Cyclohexasiloxane, Alpha Arbutin, C12-15 Alkyl benzoate, Phenoxyethanol, Titanium dioxide, Sodium polyacrylloyldimethyl taurate, Ceteraryl dimethicone crosspolymer, Allantoin, Sodium ascorbyl phospate, Triethanolamine, Acrylates/C10-30 alkyl acrylate crosspolymer, Hydrogenated polydecene, Caprylic/Capric triglyceride, Chamomilla recucita flower extract, Disodium EDTA, Benzotriazolyl dedocyl p-cresol, Butylene Glycol, Trideceth-10, Methylparaben, Aloe barbadensis leaf juice, Ethylparaben, Propylparaben, Butylparaben, Sodium Metabisulfite, Glycyrrhiza glabra root extract, Camelia sinensis leaf extract, Sodium benzoate, Citric acid, Potassium sorbate.
Rubiena Brightening Night Moisturizing Gel: Aqua, Propylene glycol, Glycerin, Cyclopentasiloxane, Dimethicone, Cyclohexasiloxane, Sodium polyacrylloyldimethyl taurate, Phenoxyethanol, Hydrogenated polydecene, Ceteraryl dimethicone crosspolymer, Allantoin, Sodium ascorbyl phospate, DMDM hydantoin, Acrylates/C10-30 alkyl acrylate crosspolymer, Triethanolamine, Trideceth-10, Butylene glycol, Aloe barbadensis leaf juice, Sodium metabisulfite, Glycyrrhiza glabra root extract, Camelia sinensis leaf extract, Citric acid, Sodium benzoate, Potassium sorbate, Methylparaben.
Aroma, tekstur dan warna:

Aroma yang dimiliki Rubiena Brightening Day Moisturizing Gel adalah aroma floral ataupun fruity dan menurutku aromanya nggak wangi ataupun bau. Kalau menurutku teksturnya ini krim semi gel. Warnanya ini lebih kearah krem antara putih, kuning sama cokelat dikit. Sementara Rubiena Brightening Night Moisturizing Gel memiliki deskripsi aroma yang sama dengan Day Moisturizing Gel-nya. Teksturnya gel dengan warna bening semi krem.
Cara pemakaian:
Rubiena Brightening Day Moisturizing Gel: Gunakan tiap pagi setelah softener dan serum. Ambil secukupnya, oleskan pada dahi, pipi, hidung dan dagu lalu ratakan keseluruh wajah.
Rubiena Brightening Night Moisturizing Gel: Gunakan tiap malam setelah softener dan serum. Ambil secukupnya, oleskan pada dahi, pipi, hidung dan dagu lalu ratakan keseluruh wajah.

Baca juga: Moisturizer Wardah

Rubiena Brightening Serum 15ml / BPOM NA18172000301

Deskripsi produk:
Memaksimalkan proses pelembaban, membantu menyamarkan flek, tanda-tanda penuaan dini lainnya dan membantu meregenerasi kulit serta bekerja sebagai anti-oksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Untuk semua jenis kulit, tidak mengandung alkohol dan pewangi.
Kemasan:
Diantara semua produk Rubiena, Brightening Serum ini memiliki kemasan yang beda sendiri dari produk lainnya. Dikemas dalam sebuah botol plastik dengan tutup transparan dan memilik pompa. Seperti yang teman-teman tau, kalo produk botolan terus ada pompanya selalu jadi lebih praktis dan higienis. Brightening Serum ini juga memilki kemasan kotak kartonnya.
Ingredients:
Aqua, Cyclotetrasiloxane, Propylene glycol, Dimethicone, Alpha arbutin, Cetearyl dimethicone crosspolymer, Phenoxyethanol, Sodium polyacryloyldimethyl taurate, Hydrogenated polydecene, Sodium ascorbyl phosphate, Imidazolidinyl urea, Triethanolamine, Acrylates /C10-30 alkyl acrylate crosspolymer, Allantoin, Glycyrrhiza glabra root extract, Disodium EDTA, Tocopheryl acetate, Trideceth-10, Aloe barbadensis leaf juice, Butylene glycol, Citric acid, Sodium benzoate, Potassium sorbate, Methylparaben, Sodium metabisulfite, Camelia sinensis leaf extract.
Aroma, tekstur dan warna:

Rubiena Brightening Serum ini memiliki tekstur yang lebih cair ketimbang facial wash-nya dan berwarna putih semi transparan. Aromanya juga bukan floral maupun fruity tapi ada sedikit aroma asam, tapi dikit banget nggak seasam aroma lemon.
Cara pemakaian:
Gunakan tiap pagi dan malam setelah softener, sebelum day/night moisturizing gel. Tuangkan secukupnya, oleskan pada dahi, pipi, hidung dan dagu lalu ratakan keseluruh wajah.

Harga dan tempat beli:
Kalau teman-teman mau beli produknya Rubiena bisa coba cari di e-commerce seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, BukaLapak, ataupun resellernya. Harganya bervariasi sih, cuma aku kurang pasti harganya berapa karena aku juga dapatnya karena menang giveaway mereka. Cuma kalau aku nggak salah, satu paket seperti yang aku dapatkan ini kisaran Rp 500.000 - Rp 600.000 sepertinya.

Kinerja:
Aku bisa bilang aku terkesan sama produk Rubiena ini. Awalnya aku pikir produk-produk ini bakalan biasa aja di kulit wajahku atau bakalan bereaksi tidak baik. Ternyata kulitku cocok sama produknya Rubiena ini, mungkin karena produk Rubiena ini kebanyakan tidak mengandung alkohol kecuali Cleansing Lotionnya.

Sedikit cerita, aku sensitif sama alkohol makanya aku nggak bisa banyak-banyak minum atau makan makanan atau minuman beralkohol. Kalau aku nekat, kulit wajah dan badanku bakalan bereaksi panas, muncul bintik semi bentol merah dan kemudian aku jadi kepiting rebus. Kalau reaksi kulit wajah yang kena produk dengan kadar alkohol yang tinggi dan sering kulitku bakalan merah, kering, gatal dan mengelupas.



Kembali ke produk-produk Rubiena, syukurlah kulit aku cocok termasuk dengan Cleansing Lotion-nya meskipun ada kandungan alkohol di dalamnya. Aku menggunakan cleansing lotion hanya untuk mencairkan makeup yang tebal, itupun cleansing lotionnya nggak boleh lama-lama di wajahku, karena akan terasa sedikit perih karena ada alkoholnya. Tapi sampai saat ini kultiku masih berteman baik dengan cleansing lotionnya. Untuk facial washnya, termasuk gentle di kulit wajahku. Aku bisa pake dua kali sehari pagi dan malam tanpa membuat kulit wajahku kering. Softenernya udah mau habis. Meskipun kecil tapi bisa untuk sekitar 3 mingguan gitu buat pagi dan malam hari. Ini Brightening Softenernya enak banget, nggak bikin kulit kering ataupun cekit-cekit. Mengingatkan aku sama The Face Shop Rice Ceramide Moisture Toner punyaku dulu. Efeknya kulitku jadi kenyal dan lembab.

Baca juga: Sensatia Green Tea & Tamarind Facial Cleanser

Brightening Day and Night Moisturizing Gel ini enak banget. Beneran melembabkan wajahku dan bikin wajahku jadi kenyal. Day Moisturizing Gel-nya nggak lengket, nggak greasy, nggak bikin wajahku jadi minyak dan nggak bereaksi aneh kalau aku pakai makeup ringan. Efeknya nggak jadi matte banget tapi wajahku jadi sedikit glowing. Sementara Night Moisturizing Gel-nya juga nggak lengket malah kesan pertamanya terlihat lebih matte dan paginya baru mulai agak berminyak. Minyaknya pun nggak heboh, masih minyak yang normal. Brightening serumnya juga cepat meresap dan tidak terasa lengket ataupun berminyak.


(maafkan kualitas foto night skincarenya yah)

Untuk efek brighteningnya, aku merasakan kalau untuk dark spot yang baru akan lumayaan cepat jadi lebih cerah, sementara untuk dark spot yang udah lama agak lambat prosesnya. Lambat tapi pasti. Aku punya dark spot bekas jerawat di pipi yang susah banget hilangnya, jadi kalo dia memudar ajah aku udah seneng banget. Jadi aku bisa pake foundation yang lebih ringan lagi. hihi. Selama aku menggunakan rangkaian skincare  dari Rubiena ini, aku merasakan wajahku jadi lebih cerah lho.



Kelebihan:
- Kebanyakan produknya tidak mengandung alkohol
- Proses mencerahkannya tidak instan
- Harganya menengah
- Kemasannya cocok buat dibawa travel

Kekurangan:
- Kemasannya cleansing lotion dan facial washnya kalau diganti pake pompa atau tube akan lebih praktis.

Rating:
4 out of 5

Temen-temen sudah pernah coba produk Rubiena ini? Sharing yuk produk apa yang jadi favorit teman-teman.

Have a nice day!
Thank you for reading!
See you in the next post!

XOXO
Liamelqha


You May Also Like

2 comments

  1. Rubiena ini konsepnya cukup unik. Ada skin conditioner-nya, belum ditemuin di brand kosmetik lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, setuju banget dan skin conditionernya enak pulaa..

      Delete

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya.

Thank you. ^^