Kronologi Demam Berdarah Dengue atau DBD

by - Monday, August 08, 2022

 Hai guys!


Apa kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu yaa!


Hari ini aku nggak akan membahas tentang makeup atau skincare, kali ini aku mau cerita ngalor ngidul ajah sih tentang Demam Berdarah Dengue atau DBD. Di postingan tentang Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream lalu aku janji mau cerita tentang anakku yang kena DBD. Jadi, aku ceritain sekarang ajah ya. DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk. Lebih jelas dan detailnya jenis virusnya jenis nyamuknya google ajah ya bestie, aku takut nanti bukannya sharing malah jadi makalah penelitian DBD. Haha. Yang pasti kalau tidak ditangani dengan tepat bisa menyebabkan kematian juga si DBD ini.

Jadi awal mulanya, tanggal 29 Juni 2022 anak sulungku ngajakin ke tempat wisata yang tempatnya bertema alam gitu karena lagi masa liburan. Ya udah, kuturuti~~. Pagi hari anakku sarapan sedikit ajah, beberapa waktu belakangan itu dia emang terlihat “panas dalam” (yang mana menurutku imunnya lagi kurang). Di hari itu karena cuaca panas, dia minum lumayan banyak tapi pas diajakin makan siang makannya dikit ajah. Malem juga nggak mau makan katanya kenyang, jadi cuma minum susu sedikit saja. Waktu mau tidur, ternyata anakku demam dan muntah. Berapa derajat, ga aku cek karena termometerku rusak. Aku pikir hanya karena kecapean dan karena lagi ada masalah pencernaan. Jadi aku kasih paracetamol dan turun tapi 1 jam kemudian naik lagi. Lalu 4 jam kemudian aku kasih lagi tapi masih naik turun juga. Aku pikir jangan-jangan anakku mengalami gastroenterocolitis kayak dulu. Udah cemas banget aku. 


Baca juga: Didiagnosis Hisprung Saat Bayi


Tanggal 30 Juni 2022, pagi langsung aku bawa ke dokter lain. Dikasih obat demam, mual, dan vitamin karena dia juga ada sariawan yang gede di sekitar area amandel. Diresepkan antibiotik yang disuruh tebus kalau tanggal 1 Juli 2022 sore masih demam, tapi perasaanku mengatakan harus tebus langsung deh buat jaga-jaga. Kalo ga demam lagi yah ga usah minum, tapi kalo demam bisa langsung kasih minum ga perlu bolak balik gitu kan. Siangnya mulai nambah satu gejala lagi yaitu mencret. Dokter ini juga mengingatkan kalau sekarang lagi musim DBD, 1 hari sebelumnya juga ada pasien Beliau anak-anak yang positif DBD.


Tanggal 1 Juli 2022 masih demam, mual, sakit kepala hebat yang hilang timbul. Sorenya aku kasih antibiotik sesuai dosis dokter. Hari ini juga makan dan minumnya kurang, lebih banyak tidur.


Tanggal 2 Juli 2022 masih mengalami gejala yang sama, jadi pagi ini aku bawa ke dokter lagi dan dikasih obat pereda nyeri dan oralit. Aku juga beli termometer dan aku mulai cek suhu badannya per 3-4 jam dan aku catat. Obat yang diminum juga aku catat berserta jam minumnya. Karena aku merasa ada yang ga beres malemnya aku Whatsapp dokternya, tanya kalau hari minggu 3 Juli masih sama gimana? Dokter langsung suruh ke IGD ajah. Di hari ini anakku udah susah makan, susah minum, susah minum susu, pipisnya sedikit, matanya mulai keliatan mata pandanya. Aku sudah membatin jangan-jangan sudah mulai dehidrasi.


Tanggal 3 Juli 2022 jam 7an pagi, langsung aku bawa ke IGD. Aku jelaskan ke dokter jaga dan suster kronologi awal plus catatan suhu dan obat yang diminum. Jangan ditanya deh drama ngeceknya gimana. Karena anakku trauma sama rumah sakit, jarum suntik dan kawan-kawannya. Dokter jaga bilang kalau anakku harus opname karena dehidrasi, ada amandel yang gede, sariawan juga. Ini udah susah makan dan minum jadi obat oral juga akan susah masuk. Sekaligus akan ambil darah buat di tes. Aku ngikut apa kata dokter ajah. Udah ngurusin administrasi, langsung nemenin anakku lagi di IGD buat masang IV Line. Karena anakku trauma, aku ga sungkan sampaikan ke suster kalau anakku punya trauma jadi minta tolong agak bersabar. Susternya pun memaklumi dan emang agak rempong nyari nadinya. Sambil menunggu ruang rawat inap disiapkan, kami menunggu di IGD dan anakku bisa tertidur. Mulai dari saat ini obat-obatan sudah mulai diberikan melalui IV Linenya. Sore harinya, dokter spesialis anaknya datang untuk menyampaikan hasil tes darah tapi aku pas ga rumah sakit (aku pulang mandi dan bebersih, sambil ngambil perlengkapan nemenin dia di RS) jadi suamiku yang ketemu dokter. Menurut apa yang disampaikan suamiku, leukosit anakku rendah. Tapi pastinya sakit apa, suamiku ga tanya juga ke dokternya. Aku tanya ke suster, katanya tunggu dokter. Ya udah, karena dokternya visitnya besok sore(4 Juli) jadi sabar-sabar ajah aku nunggunya. Sambil nunggu ternyata di tangan dan kakinya mulai muncul bercak merah gede-gede tapi ada juga yang kecil seperti bekas gigitan nyamuk, kalo ga salah susternya bilang peteki atau pateki gitu deh. Lalu dokter dihubungi via telpon dan disuruh ambil darah dan tes lagi. Sore pas dokter visit, dokter bilang positif DBD trombositnya turun di bawah normal. Jeng-jeng! Takut aku, gimana kalo dia perlu tranfusi darah? Udah kemana-mana ajah tuh pikiran, tapi tetapi berusaha tenang ikutin apa instruksi dokter. Dokter juga bilang karena sudah pasti DBD, setiap hari bakalan ambil darah buat di cek trombositnya. Lemes, bestie! Tapi per malam ini, anakku udah lebih semangat dikit tapi kesakitan di area IV linenya, karena tangannya bengkak. Jadi, IV Linenya dipindahin ke kaki.


Tanggal 5 Juli 2022, subuh-subuh anakku mimisan dan lapor ke suster. Selesai pergantian shift suster, ambil darah lagi. Syukurnya, trombositnya mulai naik. Anaknya udah semangat nego mau pulang dan nego mainan. Udah semangat minta junk food. Tapi belum aku kasih, karena aku mau kuatin lambungnya dulu. Wong di rumah sakit makannya bubur. ANW, nginep 1 malam lagi di rumah sakit.


Tanggal 6 Juli 2022 pagi, tes darah lagi dan hasilnya trombosit sudah normal. Agak siang diinfokan kalau sudah boleh pulang. Anakku denger jadi udah kesenengan. Langsung minta pulang, padahal susternya nanya mau nunggu dokter apa nggak. Karena bocah udah memelas, kita putuskan nggak ketemu dokter hari itu. Jadi pak suami urus administrasi, lalu kita pulang sampe rumah bebersih lanjut istirahat.


Mulai tanggal 7 Juli 2022 nafsu makannya mulai naik. Obat dan vitamin masih diminum, jam tidur juga aku atur dan harus tidur siang. Tanggal 10 aku ajak beli kotak bekal makanan buat sekolah. Aku tanyain anakku udah kuat masuk sekolah dan dia bilang udah. Ya uwis, tanggal 11 Juli 2022 tepat waktu masuk sekolah. Senin sih masih MPLS ya, jadi cuma 2 jam-an ajah. Pas pagi aku anter, aku tungguin sampe wali kelasnya datang dan minta tolong diliatin anakku. Mana tau dia aneh, pusing, atau pucat minta tolong hubungi aku biar ku jemput. Ternyata baik-baik saja dia dan sorenya kita kontrol ke dokter. Lalu udah dapat lampu hijau, semua baik-baik saja dan nggak perlu kontrol lagi.


Kalau dari padangan aku, anakku mungkin tergigit nyamuk pembawa virus ini beberapa hari sebelum ke tempat wisata dan dia tidak dalam kondisi yang fit banget. Karena bibirnya merah banget, ciri khas orang “panas dalam” atau kurang minum. Lalu karena pergi ke tempat wisata, dia kecapean sehingga badannya jadi drop dan virusnya pun makin merajalela. Ditambah sariawan dan amandel, asupan makanan, minuman dan obat jadi ga bisa masuk.


Oh ya, aku rangkum ya gejala apa saja yang anakku alami.

1.   Demam naik turun, sempat normal tapi naik lagi.

2.   Mual

3.   Mencret

4.   Sakit kepala hebat di bagian atas/ubun-ubun

5.   Gelisah dan ngigau terus.

6.   Lemas dan maunya tidur terus

7.   Sariawan dan tenggorokan sakit

8.   Mimisan (setelah didiagnosis DBD di RS)

9.   Bercak merah dan peteki (di RS)

10. Sakit perut sesekali (bukan karena mau BAB)


Itu dia, kronologis dan pengalaman aku sebagai ibu yang menghadapi anak yang kena Demam Berdarah Dengue atau DBD. Dalam kondisi seperti ini tetap berusaha tenang ya, meskipun hati kecil ga bisa bohong sedih dan panik juga. Tapi dengan sedikit tenang kita bisa mendengarkan diagnosis dari dokter dengan baik dan jelas, tau juga mau nanya apa. Ya meskipun tengah malem aku tetap browsing sana sini karena panik ya kan, yang kemudian pertanyaanku aku ajukan ke dokter agar dapat penjelasan dari ahlinya. Pencegahan udah dilakukan tapi kalau ternyata masih tetap kena DBD juga ya mau gimana lagi. Buat orang tua yang lagi jaga anak yang sakit, jangan lupa jaga kesehatan sendiri juga. Jangan sampai kita drop juga, nanti malahh double biaya, double kerjaan, ga bisa rawat anak juga. Hehe. Waktu di rumah sakit aku usahakan tetap makan. Makan makanan anakku yang ga habis (seperti buah atau lauknya) ataupun aku gofood atau dibawain orangtua dan mertuaku ketika mereka datang menjenguk si kecil. Aku juga konsumsi vitamin, biar imun tetap terjaga karena satu hal yang pasti aku kurang tidur. Selain itu ketika anakku tidur, ya aku ikut tidur meskipun "tidur ayam" karena anakku selalu minta diusap pada bagian yang diinfus.


ANW, kemarin aku pake biaya pribadi ya. Karena saat sampai di IGD suhu badan anakku 37,5 derajat jadi nggak bisa langsung pake BPJS. Bisa pake BPJS tapi harus rujukan dari faskes pertama  atau kalau suhu badannya 39,1 derajat saat sampai di IGD (mohon dikoreksi kalau salah ya).


Thanks for reading.

See you next post!

XOXO

Liamelqha


 

You May Also Like

0 comments

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya. Y

Thank you. ^^