Tips: Eye Makeup Brushes for Monolid Eyes

by - Monday, January 18, 2021

Welcome back to JourneyAboutMakeup!

Hai semuanya!!

Ada nggak yang doyan bikin EOTD di sini?? Kemungkin ada yah, kalo nggak mana mungkin kalian sampe di postingan ini. hehe. Aku sendiri suka banget main makeup, itu juga jadi awal mula aku bikin blog. Karena aku suka makeup (salah satunya EOTD) dan pengen sharing pengalaman aku tentang makeup dan lain-lainnya. 


Dulu saat masih produktif, aku sering bikin EOTD meskipun dengan brush seadanya. Dulu waktu baru kenal makeup, aku nggak tau tuh brush apa ajah yang diperlukan untuk bikin EOTD. Memang nonton makeup tutorial di youtube, tapi waktu belum kenal belanja online agak susah sih nyarinya. Alhasil pake brush seadanya yang kualitasnya pun kurang bagus dan menghasilkan look yang kurang bagus juga, ditambah masih belajar juga ya kan. Karena sekarang aku udah nambah banyak koleksi brush yang sesuai dengan keperluan aku, aku mau sharing nih. Nah, kali ini aku mau sharing tentang brush (untuk eye makeup) yang cocok untuk mata monolid.


Aku sendiri nggak punya patokan khusus harus brand apa atau brush apa, aku hanya pakai brush yang sesuai dengan kelopak mata aku. Aku pernah kok beli eyeshadow brush dari ELF Cosmetics. Di mata yang kelopaknya lebar brushnya cocok buat apply eyeshadow di eyelidnya, tapi ternyata di aku kegedean buanget. Tapi karena dia sedikit fluffy, akhirnya aku jadikan blending brush, hihi. 

Brushes-for-monolids

Sekarang, aku nggak berpatokan sama brand sih, kalau brushnya halus dan cocok untuk monolid, aku akan beli dan pake. Tapi aku beli brush nggak sesering beli skincare juga ya. Aku masih punya brush dari 7 atau 8 tahun lalu. No brand, tapi diameter brushnya pas banget sebagai blending brush di kelopak mataku. 


Kalau kalian punya bentuk mata mirip sama aku, mungkin beberapa jenis brush basic ini bisa kamu pakai juga. Ada 4 kategori brush yang biasa aku pake, Large Blending Brush, Medium-Small  Blending Brush, Dome Brush, dan Medium/Small Flat Brush.


LARGE BLENDING BRUSH

Brushes-for-monolids

Blending brush aku gunakan untuk membaurkan eyeshadow warna dasar dan warna transisi, bisa juga untuk menghaluskan ujung-ujung eyeshadow. Large blending brush ini memiliki bentuk yang bulat bagian ujungnya, fluffy, bristlenya (rambut-rambut brush) tidak terlalu padat, dan lebih panjang. Kenapa pake yang ukuran gede, karena biasanya blending brush yang gede membaurkan lebih halus, lebih blur dan lebih cepat. Warna eyeshadownya pun jadi nggak begitu intens. Kadang aku gunakan di seluruh kelopak mata atau bagian terluar eye makeup.

Brushes-for-monolids

Kalau kalian lihat foto di atas, ada 1 flat brush yang gede yang aku jadikan blending brush. Iyes, kalian nggak salah lihat. Memang aku pakai brush itu untuk jadi blending brush, karena dia cukup fluffy meskipun nggak bulat. Brush yang warna putih itu unbranded China dan yang hitam itu Sigma Brush.


Baca juga: Sigma Brush Review


DOME BRUSH

Brush-untuk-mata-monolids

Dome brush memiliki ukuran bristle yang pendek, bulat di bagian ujungnya dan agak padat tapi masih sedikit fluffy. Dome brush ini biasa aku gunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow di outer V eyelid aku. Jadi warnanya tetap di area itu ajah, nggak terlalu berbaur ke bagian luarnya. Kemudian aku akan menghaluskan atau membaurkan eyeshadow tadi menggunakan Medium-Small Blending Brush.


MEDIUM - SMALL BLENDING BRUSH

Brush-untuk-mata-monolids

Medium-small blending brush fungsinya sama seperti large blending brush hanya saja ukurannya lebih kecil. Medium atau small blending brush ini biasa aku gunakan untuk menghaluskan penampakan eyeshadow yang sudah aku apply dengan menggunakan Dome Brush. Kalau small blending brush bisa juga digunakan untuk membaurkan eyeshadow di lower lash line

MEDIUM - SMALL FLAT BRUSH

Brush-untuk-mata-kecil

Flat brush yang aku maksud di sini bukan brush yang gepeng dan rata banget ya. Flat brush yang aku maksud di sini adalah brush yang tidak terlalu fluffy ada kecenderungan sedikit kaku. Medium-small flat brush di sini multifungsi sih buat aku, aku bisa pakai brush ini untuk mengaplikasikan shimmery eyeshadow di bagian depan eyelid aku (biasa last step), kadang aku pakai untuk mengaplikasikan highlighter di bagian inner corner mata. Kalau brushnya nggak terlalu kaku, aku gunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow di lower lash line dan kemudian aku baurkan dengan menggunakan small blending brush lagi agar terlihat lebih halus. Untuk yang kaku, kadang aku gunakan untuk mengaplikasikan highlighter di inner corner dan brow bone atau aku pakai untuk mengaplikasikan pressed glitter.

Eyeshadow-brush
Large Blending Brush

Eyeshadow-brush
Small Flat Brush


Nah itu dia brush yang selama ini aku pakai untuk bikin EOTD. Aku punya beberapa buah brush dari 4 kategori tadi, nggak semua dari 1 merek yang sama. Kadang aku beli yang nggak ada mereknya. Lately sih cuma pakai beli yang dari China gitu ajah. Karena bentuk dan bahannya rata-rata sama. Tapi untuk saat ini blending brush dan dome brush yang sering aku pake yang unbranded dengan gagang warna pink itu. Untuk brush aku yang gagang biru itu merek China Cerro Queen

Brush-for-monolids

Jadi beli dan pakai brush sesuai dengan kebutuhan dan bentuk mata kamu ya. Biar EOTD mu makin kece. Aku nggak bilang EOTD aku best of the best tapi aku bisa bilang EOTD ku, blendingan eyeshadowku jauh lebih baik dari awal aku mulai main makeup. Jangan menyerah kawan!!


Thank you for reading.

xoxo

Liamelqha

You May Also Like

0 comments

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya.

Thank you. ^^