Review: The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation and Makeup Sponge || Liamelqha

by - Monday, November 06, 2017

Welcome back to my blog!

Hai semuanya! Apa kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu yah. :D

Hari ini aku mau bahas tentang sebuah foundation dari salah satu brand yang mengeluarkan 100% vegan foundation. Kalian pasti udah tau dong brand apa yang aku maksud? Iya, dia adalah The Body Shop dan aku akan membahas tentang Matte Clay Skin Clarifying Foundation terbaru mereka.


Sebenarnya aku bukan atau mungkin belum menjadi fans-nya The Body Shop. Karena sejujurnya produk-produknya lumayan pricey tapi sepengalamanku produknya juga oke-oke kok, apalagi skincare dan parfumnya. Dulu aku pernah beli produk pembersih wajah yang seaweed dan toner tea tree yang bisa dipakai untuk 2-3 bulan (nggak tau aku makenya yang dikit atau emang untuk 2 bulanan).

Tapi karena aku lihat The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini harganya standar (menurutku sebelum membeli) jadi aku coba googling dulu sebelum beli. Kebanyakan yang aku dapat adalah review yang lumayan positif tentang produk ini. Jadi aku belilah foundation ini dan aku juga beli sama makeup spongenya.

Aku beli The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation shade 026 Tamerza Dune. Kenapa pilih warna ini? Sebenarnya aku bingung pas milih di konternya, apalagi pas di konternya aku nggak di layanin. Karena 3 orang mba BA-nya lagi sibuk (sepertinya mereka lagi hitung stok), nggak ada 1 pun BA yang nawarin bantuan. Sampai akhirnya aku milih sendiri dengan nge-swatch masing2 warna di tanganku, itu pun aku harus miring-miringin badan kayak seseorang yang lagi ngintip di balik dinding karena salah satu BA nya itu lagi ngobrak-ngabrik stok dari laci yang ada di bawah rak foundation ini dan BA-nya nggak mau bergeser sedikitpun. Sampai akhirnya aku kesal dan aku pakai kira-kira shade 026 Tamerza Dune ini warm undertone lebih kuning dan nggak terlalu gelap (faktanya ini sedikit lebih putih dari badanku). Karena aku udah males dan nggak mau berbasa-basi lagi, aku langsung tanya "mba, makeup spongenya ada?". Kalian tau apa yang dilakukan si Mba BA nya? Dia langsung ambil spongenya trus kasih ke aku tanpa bilang apa-apa. *gue dianggep patung kali yah?*. Emosi yak! Jadi tanpa ngomong juga, aku langsung bawa produknya ke kasir, pas aku balik badan jalan ke kasir Mba BAnya langsung bilang "itu jadi mba?". Aku yang udah keburu sebel cuma bilang "ya iyahlah, emangnya saya cuma mau ngetes kesabaranya Mba-nya doang?". Ah syudahlah, keinget kejadian itu emosi lagi jadinya. Pokoknya aku beli yang shade 026 Tamerza Dune dan makeup sponge.

Lalu apakah si The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation dan The Body Shop Makeup Sponge ini sesuai dengan klaimnya dan pengalamanku di konter mereka? Bahas yuk!

Klaim:
Combat skin imperfections throughout the day with our NEW 100% vegan Matte Clay Foundation. This lightweight foundation is enriched with skin-clearing tea tree and leaves a breathable, yet full-coverage matte finish. It’s also resistant to water and sweat. Apply with our multi-tasking complexion blender for a flawless application. Full-coverage, matte finish, enriched with powerful tea tree oil, promotes clearer looking skin, oil absorbing properties, ideal for any skin type, ultra-lightweight, breathable 24-hour coverage.

Kemasan:


The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini nggak ada kotak luar kemasannya atau apapun. Foundation ini hanya disegel dengan sejenis lem plastik di bagian leher dan tutup kemasannya. Foundation ini dikemas dalam bentuk tube dengan tutup ulir yang terbuat dari sejenis plastik. Bagian badan foundation ini ditutup dengan cetakan warna foundation (shade yang bersangkutan), yang sebenernya lebih gelap dari warna foundationnya sendiri. Di bagian depan ada juga keterangan nomor dan nama shade serta swatchesnya dalam bentu cetakan juga, tapi warnanya juga tidak sesuai dengan isi shade tersebut. Di bagian belakang ada informasi tentang produk dan ingredientsnya.


Untuk The Body Shop Makeup Sponge kemasannya cuma plastik biasa yang ada beberapa tulisan di bagian belakangnya. Udah keburu aku buang karena lupa belom di foto. huwaaaa... aku nyari info tentang makeup sponge ini di official websitenya The Body Shop tapi nggak ada. Bentuknya setengah tear drop? atau kalau kata Virly 'tear drop berpinggang'? hahaha. Yah, bentuknya gini lah ya. Maapkan ku tak tau nama bentuknya.

Ingredients:
The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation: Aqua/Water/Eau, Dimethicone, Isododecane, Nylon-12, Acrylates/Polytrimethylsiloxymethacrylate Copolymer, Butylene Glycol, Silica, Isohexadecane, Isononyl Isononanoate, Pentylene Glycol, Bis-Peg/Ppg-14/14 Dimethicone, Synthetic Fluorphlogopite, Cetyl Peg/Ppg-10/1 Dimethicone, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, Acrylonitrile/Methyl Methacrylate/Vinylidene Chloridecopolymer, Polyglyceryl-4 Isostearate, Disteardimonium Hectorite, Disodium Stearoyl Glutamate, Glycerin, Calcium Gluconate, Silica Silylate, Perlite, Magnesium Gluconate, Moroccan Lava Clay, Tocopherol, Aluminum Hydroxide, Isobutane, Melaleuca Alternifolia Leaf Oil / Tea Tree Leaf Oil, Spiraea Ulmaria Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder, Buddleja Davidii Extract, Thymus Vulgaris Flower/Leaf Extract – Thyme Flower Leaf Extract, Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Butyl Hydroxyhydrocinnamate, [+/- Ci 77891/Titanium Dioxide, Ci 77491/Iron Oxides, Ci 77492/Iron Oxides].

Tekstur, Warna dan Aroma:
Teksturnya cair tapi masih termasuk kental. Shade 026 Tamerza Dune ini warnanya lumayan light dengan warm undertone. Shade ini terlihat paling kuning diantara beberapa warna yang lain. Ada satu warna lagi yang cukup light tapi lebih dengan cool undertone. Karena The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation mengandung Tea Tree Oil, foundation ini pun memiliki aroma tea tree yang cukup kuat. Kalau kalian familiar dengan produk tea tree-nya The Body Shop, ya aromanya sama.



Untuk The Body Shop Makeup Sponge saat kering lumayan kaku seperti spons yang ada dalam bedak two way cake gitu, tapi setelah dibasahin jadi lumayan bouncy tapi nggak sebouncy makeup sponge nya RT. Cuma tersedia satu warna yaitu hitam. Spons dengan warna hitam ini agak gengges sih, kalau habis di cuci dan kering bakalan kayak banyak bulu yang nempel di sponsnya. Satu lagi, spons ini berbeda dari makeup sponge yang pernah aku coba.

Swatches:

Harga dan tempat beli:
Produk The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation dan Makeup Sponge-nya ini bisa di temukan di konter-konter The Body Shop yang ada di kota kamu. Bisa juga beli secara online langsung ke websitenya The Body Shop. Aku beli The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation dengan harga Rp 169.000,- dan makeup spongenya seharga Rp 89.000,- (kalo ga salah, sekitaran ini ajah sih harganya).

Kinerja:
Pertama aku mau bilang, aku beli produk ini dengan menggunakan uangku sendiri. Pengalamanku menggunakan produk ini bisa saja berbeda, karena berbedanya kondisi kulit masing-masing individu. Jenis kulitku adalah kombinasi.


Antara suka dan ga suka sama foundation ini. Mungkin karena jenis kulitku yang kombinasi ini. Sukanya karena cukup menahan minyak di area T-zoneku. Untuk pemakaian sekitar 8 jam yah lumayan, karena biasanya aku 4-5 jam udah oily di T-zone. Tapi kurang sesuai sama klaimnya yang bisa tahan sampai 24 jam. Hasil akhirnya matte natural dan dia oksidasi sedikit jadi shade ini pas dikulitku. Yah pas selesai aplikasiin foundation ini dan dia udah kering hasilnya itu agak powdery, tapi setelah sesuai dengan suhu tubuh hasilnya jadi natural. Aroma tea treenya nggak lebay.


Nggak sukanya karena foundation ini membuat area kulitku yang kering jadi makin terlihat kering. Setelah beberapa jam, jadi cakey di area pinggiran hidung dan di ujung bibir. Untuk meminimalisasi penampakan kulit kering ini, aku menggunakan moisturizer atau hydrating serum gitu. Foundation ini memiliki medium to high coverage.

Aku lebih suka menggunakan brush untuk mengaplikasikan The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation dari pada makeup sponge, termasuk The Body Shop Makeup Spongenya. The Body Shop makeup sponge nya ini agak susah meratakan produk di area pipi. hasilnya bisa jadi kayak menyumbat pori-poriku. Apalagi The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini lumayan cepet kering. Jadi brush dan foundation ini bekerja dengan baik di aku. Lagipula makeup sponge menghasilkan hasil yang lebih natural kadang coverage produk pun bisa sedikit berkurang.


Kelebihan:
- Hasilnya matte dan natural
- Lumayan mengontrol minyak untuk jangka waktu 8 jam
- Aroma tea treenya nggak lebay

Kekurangan:
- Membuat area wajah yang kering jadi kelihatan
- Cakey di beberapa area
- Nggak 100% sesuai klaimnya
- Makeup Spongenya biasa ajah
- range warnanya kurang banyak

Rating:
3 out of 5 for both product

Dari pengalamanku menggunakan The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini, dia kurang cocok digunakan pada kulit wajah yang memiliki kulit kering atau dry patches. Untuk aku, ini bukanlah sebuah daily foundation. Karena aku takut dengan adanya kandungan tea tree oil, area wajahku yang kering jadi makin kering.

Kalian udah pernah nyobain The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation dan Makeup Sponge nya? Sharing yuk!

Have a nice day!

Thank you for reading!

See you in the next post!

XOXO
Liamelqha

You May Also Like

24 comments

  1. Iya aku juga rasa foundation ini untuk ukuran produk TBS punya harga yg normal aja ga semahal yg lain. Tapi apa ini lebih cocok buat yang kulitnya oily banget? Aku tetep tertarik beli wkwk

    ranilukman.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan, sedangkan eyeshadownya lumayan juga harganee..
      sepertinya bakalan cucok buat yang kulitnya oily to oily banget. cusss, cobain Rannn... hihi..

      Delete
  2. Ripiuw elu lengkap dah Liiiiiii. Gw waktu itu juga nge swatched di konter. Yang shade ini juga. Duh terlalu terang di gw. Gajadi --"


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. aww, thank you sheeerr..
      iyak yang ini terang banget sih, untungnya dia oxi dikit di gw, jadi agak nyatu. range warnanya kurang yakk..

      Delete
  3. Aku kok gemes ya sama BA nya.. hahah

    Ini mungkin cocok buat yang kulit berminyak banget kali ya li?

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen ku cubit rasanya BAnya kak. ahaha..
      sepertinya begitu kak aya, yang super oily sepertinya bakalan suka sama foundation ini.

      Makasih udah mampir kak aya.

      Delete
  4. Spongenya itu loh...wkwkwk Aku kira mahal PAKE banget kak foundie nya..

    www.florensiasella.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. spongenya susah di jelaskan dengan kata-kata. ahah.. untuk kategori produk TBS termasuk murah ya kan sell.

      Delete
  5. Aduh kayaknya cocok bgt nih buat kulit oilykuu. Tp range warnanya kurang sih yaaa huhuhu :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kulitnya oily, kayaknya bakalan suka deh sama foundie ini Ti, Tapi yah itu, range warnanya masih terbatas. huhu..

      Delete
  6. Lah kirain bakal mehong banget ternyata masih affordable ya li~ HAHAHA aku jadi inget yang kejadian kamu beli ini hedehh dasar sesembak. Waaa dia tipe yang bikin dry patches heboh ya, ah aku mah tetep sama wet n wild ma luv ah wkwk

    www.khhrnisa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan! kirain bakalan mehong gitu 250k ke atas, ternyata under 200k. aku masih ngulik lagi gimana cara make yang enak. Tapi sekarang ini kalo di disuruh milih bakalan balik ke wnW juga. ahah. Makasih udah mampir icakk...

      Delete
  7. BA-nya beneran bilang gitu kak? Yaampun ckck. harganya gak jauh beda ya sama Loreal Pro Matte, jadi bingung mau beli yang mana 😂

    www.isthiud.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si mbaknya ngomongnya cuma dikit, jadi aku bisa inget dia blg apa isthi. syedih.. :( . Kalau sama Loreal pro matte aku belom bisa bandingin sih. soalnya belum pernah nyoba. hehe.. Makasih udah mampir Isthi.

      Delete
  8. Makasih uda share review foundie ini. Jujur aku penasaran awalnya dengan namanya clay matte. Tapi sepertinya mengurungkan beli krn kulitku lg suka labil. Bisa berminyak terus berapa hari kemudian kering haha. Mungkin klaim 24 jam itu bisa terbukti kl di UK atau US kali? Kan di sana hawanya beda dgn di indo yg gerak dikit keringetan dan panas lembab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah berkunjung Er.
      Lhoo, kok kulitmu bisa labil sampai begitu? Nah, bisa jadi juga sih klaimnya buat di benua sana. hihi..

      Makasih udah mampir Er...

      Delete
  9. Sponge-nya lucu banget bentuknya :D Ujungnya lancip banget yah heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kak, lancip banget cocok buat daerah yang susah di jangkau. cuma yah itu, masih kesengsem sama RT. hihi.. Makasih udah mampir kak Nin..

      Delete
  10. Aku juga udah nyobain ini karena lihat produknya yang hype banget tp pas nyoba aku jd kurang suka, kulit wajahku kombinasi & ada beberapa area yang kering pas make foundation ini kulit yang kering malah semakin kering T_T

    https://ditazaharastories.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dita,
      Nah pengalaman kita sama yak. T.T
      Sepertinya founfation ini memang tidak jodoh sama kita. huhu..
      Makasih udah mampir Dita.

      Delete
  11. Hmm kulitku berminyak parah.. Emg lagi cari review tntg produk ini dan kebetulan terdampar disini hehehhehe ya bagus lah jd tau kekurangan kelebihannya. Tp kulitku sawo mateng klo ke konternya suka males ketemu BA nya, kira2 ada saran buat kulit sawo matangku ini wrn apa yg cocok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau untuk kulit sawo matang aku kurang tau sih. Karena warnanya yang pernah aku lihat di konternya nggak begitu banyak. Mungkin bisa coba cek warna 034 atau 042 di konternya. :D

      Delete
  12. Kulit wajahku oily banget deh, wajib banget bawa2 kertas minyak 😂 sejam sekali tuh harus di gosok daaan itu tuh kertas lgsg penuh sm minyak dong. Pake fondie lain teteup we bbrp jam kemudian tuh si minyak nongol lagi, dan akhirnya ku coba tbs matte clay ini dan hasilnya ku syukaa sekalii selama 6 jam itu aku ga ngeluarin kertas minyak dong :)))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh, ikutan seneng nih Foundation ini cocok di kamu. Berharap bisa cocok juga, soalnya sayang nggak kepake. huhu..

      Delete

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya. Y

Thank you. ^^