Mengawali 2023

by - Monday, January 30, 2023

Hi guys!


HAPPY NEW YEAR 2023!!

HAPPY CHINESE NEW YEAR 2023!

Semoga di tahun kelinci ini, semuanya jauh lebih baik lagi!


Ahh, rindu juga ngetik-ngetik di blog ini lagi. Sepertinya aku sudah cukup lama hibernasinya ya. Dari akhir September 2022 sampai akhir Januari 2023. Selama hibernasi sempat terpikir mau pensiun ajah deh jadi beauty blogger. Hahaha, Aku merasa nggak bisa catch up sama dunia perbeauty-an dikarenakan ga cukup waktunya antara ngereview sama olahraga dan juga ga bisa catch up sama platform yang lain. Yah, intinya merasa udah ga banyak yang mau baca review di blog, lebih banyak yang suka nonton review. Yaaaa, semua karena mentalku agak goyah. Hehe.


Tapi setelah melihat rank DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) blog ini ternyata masih naik tangga, aku jadi merasa agak terkejut. Blognya udah kosong hampir 4 bulan, tapi masih ada yang baca. Nah, aku mulai berpikir “masa kerja keras mengisi blog ini mau disia-siakan begitu ajah?”. Akhirnya aku berpikir ya udah deh, ayuk mulai nulis lagi. Ayuk ngisi blog lagi dengan review-review dan sebagainya sesuai dengan waktu yang aku punya. Makanya aku mulai dengan menulis sebuah random talk post ini.


Lalu apa ajah sih yang terjadi dengan aku selama 4 bulan lalu? Nggak terjadi apa-apa sih, aku cuma lagi ada difase jenuh ajah. Aku juga merasa berat badanku udah kacau dengan tinggi 157cm dan berat 62kg. Aku merasa bloated dan capek setiap saat. Plus juga udah mendekati akhir tahun dan udah menuju Imlek pengen punya bentuk badan yang lebih baik, biar pake baju apa ajah cakep. Pengen juga pake baju crop top sepuser gitu, tapi perutnya buncit banget jadi minder yak. Jadi aku memutuskan untuk diet dan olahraga. Karena jenuh sama ngeblog, plus aku punya tujuan lagi dengan badanku, akhirnya blognya jadi terbengkalai. 


Selain jenuh, aku juga berada di fase diet yang sedikit salah yang membuat masa jenuhnya makin lama dan fokusnya makin terpecah. Aku memiliki pola dan menu makan yang baik, interval olahraga yang oke tetapi water intake ku amat sangat bermasalah dan saat itu terjadi aku nggak ngeh kalau aku tu kurang banget minum air putih/air kelapa/minuman elektrolit. Aku mengalami dehidrasi yang agak lumayan (ini sih diagnose dokter berdasarkan anamnesa sama dokter ya, belum dari lab tes) yang mengakibatkan badanku mulai sakit-sakitan, tapi aku cuma menganggap itu hanya efek capek olahraga ajah.

 

Aku ceritain ajah deh sekalian gimana pola dietku. Awalnya, aku mulai dengan mengatur pola makanku, karbohidrat, protein dan serat harus komplit. 2 minggu beradaptasi, aku mulai masukin olahraga dengan interval 2-3 kali seminggu, 30 menit per latihan.  Di saat ini, water intake aku masih cukup baik minimal 2 liter per hari. Makin aku naikin intensitas dan jadwalnya, yang berubah hanya water intakeku yang sedikit berkurang. Saat menjalaninya aku ga merasa ada yang kurang. Aku mulai menambahkan suplemen olahraga supaya bisa latihan lebih lama. Nah, setelah aku ingat-ingat selama aku mengkonsumsi suplemen ini aku jadi jarang haus selama dan setelah olahraga. Ditengah perjalanan olahraga beberapa bulan itu, sempat meriang kayak mau demam dan tiba-tiba lemes. Lagi-lagi aku cuma merasa karena capek ajah. Jadi aku minum minuman elektrolit dan beberapa hari kemudian udah oke. Tapii selama lemes dan meriang, aku tetap olahraga dengan tambahan suplemen. Selama itu pula aku minumnya dikit banget, mungkin 1-1,5 liter per hari ajah. Hmmm, nekat yaa dan masih ga sadar kalo tubuhku ngasih sinyal kalo aku dehidrasi. Di akhir Desember 2022, berat badanku di 58an kg, maksimal 58,5kg. lingkar pinggang ada di 73cm gitu.


Puncaknya, imunitas ku turun. Aku mulai sakit ga sembuh-sembuh. ANW, siklus menstruasi aku normal ya. Jadi aku merasa aku baik-baik saja, cuma capek. Dari awal Januari 2023 sampai beberapa hari sebelum imlek, aku bolak balik ke dokter karena ga kelar-kelar sakitnya. Minum obat sakit untuk nyembuhin sakit 27A, eh 5 hari obat habis malah sakit B. Akhirnya balik ke dokter, minum obat lagi 5 hari untuk penyakit B. Abis obatnya datang lagi sakit C. Aku sampe diakhir konsultasinya udah ngucap “Makasih yah dok, moga-moga kita ga ketemu di klinik lagi. Nanti ketemunya di Mall ajah”. Di rumah pengen nangis, udah mikir yang macem-macem juga “apa gw udah mau mati yak?”. Untungnya masih disemangatin ma bestie-bestieku. 


Ketahuan aku dehidrasinya itu (ini menurut dokter yang menangani aku dari aku awal sakit ya), karena nggak sembuh-sembuh akhirnya aku mau dikasih infus larutan dextrose dan elektrolit, vitamin C dan antibiotik. Aku mengalami kegagalan pemasangan IV Linenya sebanyak 5 kali baru berhasil disaat percobaan yang keenam. Yang pasangin dokternya ya, bukan suster. Dari pakai 24G surflo IV Catheher sampe pake yang 27 Wing needle dan akhirnya nggak jadi infus otomatis malah diinjek manual. Yang paling aku ingat, pertama kali dicoba pembuluh darahku di tangan kananku langsung pecah. Kata dokternya pembuluh darahnya rapuh, otakku udh mikir macem-macem ya masa penyakitan banget aku. Tapi kata dokter tenang ajah, kalau pas hamil kamu normal ajah pas pasang IV Line, kejadian hari ini bisa ajah karena kamu dehidrasi atau karena kamu sakit, sama seperti orang DBD. Lega ya kan. Percobaan yang ketiga, pembuluh darahnya hilang padahal jarumnya udah masuk. Yang keempat, jarum udah masuk, dites darahnya udah bisa keluar pas mau masukin cairan infus pembuluh darahnya ciut dan hilang juga. Berhasil ketika percobaan yang keenam. Bersyukur Puji Tuhan. Kalo ga mungkin langsung disuruh ranap. Pulang-pulang masih bawa kendaraan sendiri. Terlalu mandiri emang. Jadi dokter menyimpulkan aku dehidrasi agak lumayan. Pulang-pulang diresepin oralit. Hahaha. Obatnya cuma minum-minum dan minum air putih. 


Selama sakit, berat badanku turun ke 57.2kg tapi aku merasa sangat tidak sehat. Lah emang lagi sakit yak. Sampai aku sembuh, BBku naik ke 57,8kg. Selama CNY Eve BB ku berkisar di 58.4 kg - 58.8kg. Berat badanku menurutku stabil padahal aku ga jaga makan plus nggak olahraga. Tapi lingkar pinggangku naik 2 cm dan bagian perutku keliatan buncit banget. Celana lama yang sebelumnya udah kelonggaran sekarang mulai pas tapi ga sesak.  


Jadi karena jenuh, diet, olahraga dan sakit yang membuat aku drop dan sempat ingin meninggalkan dunia blogger. Tapi aku ga mau perjuanganku sia-sia jadi aku memutuskan untuk comeback (cieeelah, udah kayak artis korea aja. Haha). Jadi selesai CNY Eve, aku bakalan atur waktu buat olahraga dan diet kembali serta jadwal untuk ngeblog. Semoga blognya nggak nganggur lagi. Semoga aku tetap konsisten yaa. Enjoy my blog!



Thanks for reading.

See you next post!

XOXO

Liamelqha


You May Also Like

0 comments

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya. Y

Thank you. ^^