Produk-Produk Untuk Mengatasi Kulit Over Exfoliasi

by - Monday, June 27, 2022

Welcome back to JourneyAboutMakeup!

Hi guys!


Kali ini aku mau berbagi sedikit cerita tentang kondisi kulit dan cara aku mengatasi permasalah kulitku. Akukan sering bergonta-ganti skincare untuk nyobain produk skincare baru buat kebutuhan review dan mencari produk yang paling cocok sama kulitku, selama ini kan kelihatannya cocok-cocok ajah ya sama semua produk skincare tapi kenyataannya aku juga pernah mengalami iritasi juga loh.

over-eksfoliasi-4

Kulitku nggak terlalu rewel saat nyoba-nyobain produk yang baru, tapi kadang aku salah cara pemakaian dan  langkah-langkah mengkombinasikan produk yang ada. Kesalahan yang paling sering terulang adalah kondisi over eksfoliasi. Kesalahan over eksfoliasi yang terakhir aku lakukan adalah aku tanpa sadar menggabungkan salicylic acid  toner, dilanjutkan dengan serum retinol dan salicylic acid moisturizer ditambah lagi masker eksfoliasi. Jadilah kulitku ngambek. Kulit ngambekku gimana? Bagian yang berminyak jadi terkelupas dan jadi lebih berminyak. Selain itu bagian yang kering akan terkelupas dan perih. Wajahku jadi lebih banyak kemerahan apalagi di bagian bawah bibir dan lebih rentan berjerawat. Kalau udah ngambek begini aku harus langsung kembali ke skincare dasar, langsung beli lagi beberapa produk yang aku perlukan. Apa ajah produknya? Bahas yuk!


1. TONER

hadalabo-light-lotion

Aku langsung mengganti salicylic acid tonerku dengan hydrating toner. Karena butuh cepat, aku langsung beli cari yang ready di toko kosmetik di sini ajah. Pilihan hydrating toner yang menurutku paling cocok sama kulitku adalah Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion. Kenapa? Karena aku cari produk dengan kandungan hyaluronic acid. Meskipun namanya ada acidnya tapi cara kerja hyaluronic acid bukan untuk mengeksfoliasi kulit ya. Jadi kerja hyaluronic acid ini untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. 


2. SERUM

Commonlabs-Vit-B5-Moisture-Ampoule-4

Sama seperti toner aku juga mencari serum yang fungsinya menghidrasi. Awalnya aku mau beli Avoskin Hyacross tapi kosong di tokonya, lalu aku ingat aku masih punya Commonlabs Vitamin B5 Moisture Ampoule (Vitamin B5 ini nama lainnya pathetonic acid atau yang sering didengar itu sodaranya panthenol). Nah, Vitamin B5 ini juga memiliki manfaat untuk mengikat kelembapan di kulit dan mengisi kekosongan di sela kulit yang kering. 

Hanasui-24k-gold-serum

Lalu aku juga punya serum Implora 24K Gold Serum yang mengandung Vit C, Niacinamide 5%, Marine collagen dan Licorice extract. Jadi karena tekstur serum Implora lebih encer dari serum Commonlabs, aku pakai serum Implora dulu kemudian aku layer dengan serum Commonlabs


3. MOISTURIZER

Dear-Me-Skin-Barrier-Water-Cream-3

Moisturizer juga aku ganti ya karena moisturizer yang lama memiliki kandungan salicylic acid dan perih ketika digunakan di kulitku yang ngambek. Sebenarnya aku nyari toner dan pelembabnya Skintific Hyaluronic, tapi karena keduanya kosong makanya tonernya aku beli yang toner Hadalabo dan pelembabnya aku pakai Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream. Kenapa jadinya milihnya Dear Me ini? Karena yang ada stoknya ini dan juga kalo udah over eksfoliasi, skin barrierku juga rusak kan? Makanya aku pilih Dear Me Skin Barrier ini yang tidak hanya memiliki kandungan Hyaluronic Acid tapi juga ada Niacinamide 5%, Adenosine, Centella Asiatica, Ceramide dan Watermelon Extract

dalba-no sebum-cleanser

Untuk facial wash gimana? Sejauh ini aku nggak ada masalah dengan pembersih wajahku yang udah mau satu tahun aku pake. Aku masih pake d’Alba Piedmont Peptide No-Sebum Mild Gel Cleanser. Ini udah botol kedua-ku. 1 Botol ini cukup buat sekitar 6 bulan gitu loh. Ya meskipun udah aku pake hampir setahun, belum juga aku tulis reviewnya.


Setelah kembali ke basic skincare, kulitku udah jauh lebih tenang. Kemerahan dan jerawat berkurang, sayangnya ada 1 jerawat yang dipipi harus pecahin (karena tangan yang sabar) dan akhirnya menjadi bopeng baru. Huwaa, sedih sekalii. Jerawat kecil juga mulai bubar, minyak di wajahku juga jauh lebih terkontrol. Yang paling signifikan adalah kemerahan di bawah bibirku. 

over-eksfoliasi-3

Selama kulitku rewel, aku menghindari penggunaan produk skincare dengan kandungan bahan aktif yang tinggi dan yang sifatnya mengeksfoliasi, seperti salicylic acid dan retinol yang rutin aku pakai. Proses untuk menenangkan kulitku ini nggak sebentar ya, aku perlu waktu sekitar 3 minggu untuk membuat kulitku sampai lebih tenang.  Selama 3 minggu aku juga nggak pake produk eksfoliasi apapun, makanya pori-pori wajahku mulai terlihat besar dan komedo juga sudah mulai minta dipanen. Setelah lewat 3 minggu baru aku mulai eksfoliasi, dimulai dengan salicylic acid toner dulu seminggu sekali. Kemudian merangkak ke serum yang mengandung salicylic acid dan ketika udah lewat sebulan baru pake produk eksfoliasi yang lebih strong.


Beberapa produk yang aku pakai ini sudah pernah aku pakai sebelum sebelumnya tapi nggak pernah aku review. Ada juga beberapa produk yang udah aku tulis reviewnya tapi belum dapat giliran di publish. Jadi, kalau mau review lengkap tentang Serum Implora 24k Gold, Commonlabs Vit B 5, dan Dear Me Skin Barrier mohon ditunggu yaaa. 


Thank you for reading!

Have a nice day!

See you in the next post!

XOXO

Liamelqha


You May Also Like

0 comments

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya. Y

Thank you. ^^