Tips: Bleaching Rambut Di Rumah

by - Monday, February 15, 2021

 Welcome back to my blog!


Hi guys! Akhirnya aku bisa nulis blogpost tentang rambut lagi nih. Tahun 2017 aku pernah nulis tentang tips untuk rambut abu-abu. Nah, kali ini aku mau ceritain gimana aku ngerubah warna rambut aku dari hitam, merah, pink, menjadiii blonde dengan proses BLEACHING. Not a perfect blonde, tapi cukup baik untuk ukuran DIY di rumah sih. *nyeneng-nyenengin diri sendiri* 


Disclaimer: Aku bukan cosmetologist, dermatologist ataupun ahlinya. Aku hanya sharing sesuai pengalaman aku. Resiko apapun yang terjadi harap tanggung sendiri. Kalau nggak mau tanggung resiko yang tidak terduga langsung bleaching di salon profesional saja. 


Aku sendiri sudah beberapa kali melakukan bleaching sendiri untuk rambutku dengan berbagai base color. Pernah bleach sendiri tanpa bantuan orang lain, bleach dibantuin mama mertua, dan bleach di salon. Tapi rata-rata hanya sampai dark blonde atau orange hair. Orange hair ini nggak cocok banget di aku, karena amat sangat membuat wajah aku kusam. Pilihannya cuma dua, langsung masukin warna terang (karena aku pengen warna-warna terang yah) atau bleaching lagi. Tapi tetap harus disesuaikan dengan kondisi rambut. Oke, mari kita mulai saja perjalanan bleaching aku kali ini.

Level Bleaching



September 2019 (yang sebelum-sebelumnya ga usah diceritain lah ya), aku pernah bleaching rambut hitam virgin sampai di level dark orange hair. Di sini aku lupa aku langsung masukin warna apa aku biarin ajah. Lalu Oktober 2019, aku bleaching rambut tadi sekalian akar rambut yang sudah mulai tumbuh kembali. Berarti ini bleaching-an kedua di rambut orange dan hasilnya masih orange tapi udah lebih terang lebih ke brassy. Nah, kali ini aku langsung masukin warna abu-abu dan jadinya abu gelap dengan sedikit hint hijau muddy gitu.

Bleaching-Rambut-dirumah
September 2019

Bleaching-Rambut-dirumah-1
Oktober 2019

Di saat ini sebenarnya ada 2 pilihan. Pilihan pertama rambut harus di bleach lagi sampe blonde level 8/9/10. Pilihan kedua bisa masukin toning warna abu. Toner warna abu akan men-tone down warna orangenya dan rambut jadi lebih 'dingin' warnanya. 

Bleaching-Rambut-dirumah-2
Oktober 2019 - Setelah bleaching masukin warna abu-abu


Kok bukan toner purple atau purple shampoo?

Karena warna ungu ini digunakan untuk men-tone down warna kuning saat rambut udah ada di level 8/9/10. Masukin di rambut orange, kurang memberikan efek apa-apa.


Baca juga: Cara menjaga rambut abu-abu


Pigment warna yang masuk di rambut yang sudah di bleach akan lebih cepat luntur seiring dengan intensitas kita sampoan. Biasanya warna terang akan lebih cepat luntur dari rambut yang di bleaching, seperti warna pastel. Selain itu warna dengan cool base atau warna dasarnya biru, akan luntur tanpa menyisakan banyak pigment biru di rambut. Sementara warna dengan warm tone atau dasar merah/orange akan menyisakan pigment yang lebih banyak di rambut. Jadi menyisakan stain, bisa pink, orange, rose gold. Sejak moment ini, aku sering gonta ganti warna ajah tanpa bleaching. Mengingat rambutku udah di bleach 2 kali.


2021

Rambut hitam aku udah cukup panjang. Bekas bleaching juga udah sampe di bahu. Jadi aku memutuskan untuk bleaching lagi. Awalnya, aku bleaching di salon barengan sama mama mertua. Tapi, dengan pedenya aku cuma bilang aku mau bleaching rambut tanpa bilang mau sampe blonde atau platinum. Setelah orang salon selesai nyampurin adonan bleachingnya, akutu mau bilang kalo aku mau sampe blonde, belum sempat ngomong dia udah mulai bleaching rambutku DAN MULAI DARI AKAR. Aku langsung bungkam seribu bahasa. Aku udah yakin kepalaku akan berakhir dengan hot roots yang mana akar rambut lebih terang ketimbang batang rambut dan memang berakhir seperti itu. Dalam 1x bleaching, roots aku naik ke level 9 dan batang rambut aku masih orange *poor me*. Selain itu ada beberapa spot yang patchy masih cokelat. Galau banget.

Bleaching-rambut-dirumah-4
waktu bleaching di salon


Batang rambutku bisa bersisa warna orange itu juga karena sebelumnya aku pernah cat rambut aku warna merah gelap. Makanya yang terbuang itu baru pigment merahnya. Masih menyisakan pigmen orangenya. Ujung rambutku yang udah pernah di bleaching 2 tahun lalu langsung putih sih tapi lemah. Patah-patah gitu. Makanya aku bisa menyimpulkan rambutku cukup kuat hanya untuk 2x bleaching di area yang sama.
Bleaching-rambut-dirumah-5
hot roots  dan patchy

Well, setelah mikir semaleman akhirnya besoknya aku bleaching lagi. Dengan bleaching powder yang warnanya agak biru dan cream developer 12%. Actually ga usah 12% juga nggak apa-apa, apalagi rambutku udh di bleach sekali ya kan. Tapi karena di rumah cuma ada stok 12%, jadi aku pake ajah. Kali ini aku MINTA BANTUAN mama mertuaku. Karena aku mau daerah yang patchy kemarin lebih kena lagi. Akhirnya, setelah rata semua, aku diemin lagi sekitar 25 menit. Sebenarnya mau 30-45 menit. Cuma kulit kepalaku udah nggak sanggup, karena proses bleaching yang pertama amat sangat menyakiti kulit kepalaku.

Bleaching-rambut-dirumah-7
bleaching kedua


Lalu ketika aku cuci rambutku sebagian udah blonde di level 9, akar udah di level 10 dan batang rambut masih brassy. Saat itu aku lihatnya udah cukup kuning, jadi aku pake purple shampoo Cultusia yang untuk rambut di bleaching (botol abu-abu).

Bleaching-rambut-dirumah-8
Setelah bilas dari bleaching di rumah


Bleaching-rambut-dirumah-9
pakein purple shampoo

Ternyata belum cukup kuning gengs, akhirnya aku toning pake ash toner.

Bleaching-rambut-dirumah-10
setelah pake purple shampoo
Bleaching-rambut-dirumah-11
Ketika pakai ash toner

Yang hasilnya warna orangenya jadi nggak begitu warm lagi. Kalau mau sama di level 9-10, bisa di bleach lagi. Tapi kalo rambutmu ga kuat mendingan ga usah sih. Akupun takut botak. hahaha. Setelah aku pakein ash toner, aku langsung pake masker rambut.


Bleaching-rambut-dirumah-12
setelah pakai ash toner

Bleaching-rambut-dirumah-13
setelah dikeringkan

DIY ASH TONER:

5cm GREY HAIR COLOR (aku pake cultusia) + 1/2 botol DEVELOPER (bawaan di kotaknya) + 1 pump SHAMPOO (NON DANDRUFF) 

*ini mixing aku sendiri. Jangan bandingin sama yang profesional. jumlahnya disesuaikan dengan rambut masing-masing ya. 


Bleaching-rambut-dirumah-14

Akhirnya rambut aku BLONDE. Ukuran rambutku blondenya emang kurang rata, tapi udah di level 8-9-10. Hari ke 3 setelah aku bleaching yang kedua kali, aku baru keramas lagi dengan purple shampoo Cultusia yang botol abu-abu. Lalu besoknya aku masukin warna BIRU+ABU-ABU dan jadi LILAC. Mau tau warnanya, cek di highlight Instagram aku "liahairjourney". 

Bleaching-rambut-dirumah-16
Cultusia Purple Shampoo
Tips buat yang mau bleaching rambut sendiri:

1. Bleaching 1 hari setelah keramas. Supaya kulit kepala memproduksi sedikit minyak alami.

2. JANGAN PELIT SAMA ADONAN BLEACHING apalagi kalau rambutnya tebel. Beli cream developer tambahan, kalau cuma developer bawaan bleaching dye kotakan (kalo pake ini, aku sendiri beli yang  gede) nggak akan cukup. Pake volume 30 atau 9% udah cukup. Pastikan adonan bleaching kamu itu kental, jangan kayak kekurangan developer. Kalau adonan kamu jadi kering berbentuk serpihan ketika diaplikasikan ke rambut itu berarti adonan kamu kurang developernya.

3. Sediakan Purple Shampoo, cat rambut abu untuk bikin ash toner dan MASKER RAMBUT.

4. Please do an allergy test.

5. Kalo rambut panjang/tebel/ nggak biasa liat kaca kebalik MINTA TOLONG ORANG LAIN BANTUIN dan dituntun. Biar nggak PATCHY

6. Aplikasikan dari batang lalu ke akar dengan tebal dan dibagi, jangan tebel-tebel sectioning rambutnya. Ingat JANGAN PELIT SAMA ADONAN.

7. Jangan tergesa-gesa tapi sesuaikan dengan kondisi rambut dan kulit kepala. Ketika bleach masih di rambut, kadang terlihat udah blonde/putih. Cek dengan ambil sehelai rambut dan bersihkan bleachnya. MAKSIMAL sejam. Lebih dari itu bleach udah ga aktif lagi.

8. Buang sisa bleaching. Jangan disimpan.


Sekian dulu cerita tentang bleaching rambut. Kalian pernah bleaching rambut sendiri juga? Sharing dong kalau cara kalian gimana. Semoga postingan ini bermanfaat yaa.


Thank you for reading!

Have a nice day!

See you in the next post!

XOXO

Liamelqha 


You May Also Like

2 comments

  1. Mantap banget tipsnyaaa! Ku juga ingin bleaching nih, pengen bgt punya pastel pink hair. Tapi blom brni bleaching sendiri. Nanti aku mau coba ah tipsnyaa

    ReplyDelete

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya.

Thank you. ^^