Review: Make Over Powerstay Weightless Liquid Foundation

by - Monday, June 17, 2019

Welcome back to Journey About Makeup!

Hai semuanya! Apa kabarnya hari ini?

Setelah sekian lama berusaha menghabiskan foundation Wet and Wild Photo Focus dan L'oreal Infallible 24h Stay Fresh, akhirnya habis juga meskipun sisa sedikit. Karena itu aku memutuskan untuk membeli foundation baru lagi. Kali ini aku memilih untuk mencoba foundation lokal, yaitu Make Over Powerstay Weightless Liquid Foundation. Awalnya beli karena iklannya sering wara-wiri di Instagram aku, jadi aku penasaran sama foundation ini. Apalagi foundation pertama keluaran Make Over banyak yang suka, tapi aku belum nyobain sama sekali dan pengen nyoba juga. Karena udah keluar yang baru, jadi aku skip yang pertama dan nyobain yang terbaru ini aja.

Make Over Powerstay Weightless Liquid Foundation

Tanpa basa basi lebih lama lagi, kita bahas yuk foundation ini!

Klaim:
Formula ringan dengan medium coverage yang buildable, menyatu dengan kulit untuk hasil matte yang tahan lama.

Baca juga: Wet n Wild Photo Focus Foundation

Kemasan:

Kemasannya cukup sederhana, datang dengan kemasan kotak berwarna hitam lengkap dengan informasi klaim, ingredients, cara pemakaian yang disarankan, perusahaan manufaktur, warna, dan kode produksi, serta tanggal kadaluarsa.


Liquid foundation Make Over ini menggunakan botol kaca doff yang disertai dengan pump dan tutup. Pump ini amat sangat penting untuk higienitas dan mempermudah untuk mengeluarkan produknya.

Ingredients:
Aqua, Cyclopentasiloxane, Isododecane, Trisiloxane, Ethanol, Ethylhexyl, Methoxycinnamate, Methyl methacrylate crosspolymer, Trimethylsiloxysilicate, Caprylyl methicone, Butylene glycol, Hydrogenated polyisobutene, PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl dimethicone, Dicaprylyl Carbonate, Dimethicone, Sodium chloride, Phenoxyethanol, Pentylene glycol, Silica, Disteardimonium hectorite, Propylene carbonate, BHT, Hydrated silica, Ethylhexylglycerin, Hydrogenated lecithin, Aluminum hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Isopropyl titanium triisostearate. May contain: CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 77499.

Nomor BPOM: NA18170302001

Cara pakai:
Kocok botol terlebih dahulu sebelum digunakan. Titikan secukpnya pada satu bagian wajah, kemudian ratakan dari tengah keluar. Ulangi untuk seluruh bagian wajah. Satu pump cukup untuk seluruh wajah. Tambahkan pump untuk coverage lebih. Untuk hasil yang lebih halus, oles perlahan menggunakan Make Over Flat Top Foundation Brush.

Tekstur, Warna dan Aroma:
Tekstur dari foundation Make Over ini adalah cair tapi juga kental. Secara keseluruhan foundation terbaru dari Make Over ini punya 8 shades dan 3 jenis undertone, yaitu Neutral, Cool dan Warm. Kedelapan shades-nya adalah N10 Marble, N30 Natural beige, C21 Pink ivory, C62 Rich cocoa, W22 Warm ivory, W33 Honey beige, W41 Coral Sand, dan W42 Warm sand. Aku suka banget sama warna-warna foundation lokal ini yang memiliki undertone yang berbeda. Aku sendiri menggunakan shade W22 Warm ivory. Shade ini memiliki warm undertone (yellow undertone) dan warnanya itu light.



Sementara aroma yang aku dapatkan di foundation adalah aroma alkohol yang tidak dominan. Hanya sekilas lalu hilang menguap *seperti kenangan bersama mantan*.

Swatches:


Baca juga: L'oreal Infallible 24h Stay Fresh Foundation

Harga dan tempat beli:
Make Over Powerstay Weightless Liquid Foundation ini dibanderol dengan harga Rp165.000. Di beberapa e-commerce ada yang menjual lebih murah juga kok. Kalau mau jaminan asli dan gak pake tipu-tipu bisa beli di Sociolla. Pakai kode diskon SBNLAQAF bisa dapatpotongan Rp50.000 loh.



How it works on my skin?
Mari kita bahas dari warna shade-nya. Mungkin sekilas warna W22 Warm ivory ini terlihat terang dan aku akan terlihat lebih cocok menggunakan warna W33 Honey beige. Tapi perlu kalian ketahui kalau foundation ini mengalami sedikit oksidasi. Kenapa aku bilang sedikit? Karena ketika aku swatch di tangan, oksidasinya lumayan parah. Sementara, ketika aku coba di kulit wajahku oksidasi yang terjadi cuma sedikit. Seberapa tinggi tingkat oksidasi suatu foundation, tergantung dari kulit masing-masing individu dan produk setelahnya juga. Karena foundation ini aku gunakan di wajah dan oksidasinya cuma sedikit jadi aku bilang oksidasinya sedikit.





Foundation lokal terbaru ini memiliki hasil akhir yang berbeda antara matte, semi matte dan powdery. Powdery-nya ini masih bisa ditolerir. Untuk aku yang kulitnya kombinasi (berminyak di T-zone dan normal to dry di U-zone) foundation ini hasilnya matte di area U-zone, semi-matte di area T-zone dan powdery. Aku nggak perlu mengaplikasikan powder tambahan lagi untuk pemakaian sehari-hari, kecuali di bagian hidung kalau aku lagi pakai kacamata. Yes, foundation matte ini kadang aku pake sehari-hari kalau jemput anakku pulang sekolah. Pemakaian sehari-hari cukup 1 lapis dengan menggunakan brush. Lama kelamaan setelah mulai keringatan, foundation ini akan terlihat menyatu di kulitku. Oh yah, sebagai pengingat ajah meskipun kulitku kombinasi aku tetap menggunakan pelembab dan sunscreen (kalau pagi atau siang) sebelum menggunakan foundation ini.



Untuk staying powernya, pemakaian 1 lapis tanpa primer di kulit wajahku bisa bertahan 6 jam-an kalau nggak keringatan. Itupun 2 jam pertama akan terlihat matte, terus pas muka mulai berminyak baru jadi lebih semi-matte. Kalau keringatan parah (kayak lagi kardio gitu) foundationnya tetap ada di area U-zone, tapi udah nggak kelihatan matte dan coverage-nya menurun Kalau lagi keringatan, foundation di area hidung sering pecah, pinggir luar mata dan dagu lebih cepat hilang. Karena bergeser ketika aku ga sengaja nge-lap keringat pake tangan atau tisu. Artinya foundation ini sendiri bisa tahan sama minyak di wajahku, tapi kurang tahan dengan keringat yang bar-bar. Kalau pakai primer, pastinya lebih tahan lama lagi hasilnya. Aku pernah menggunakan primer Emina Pore Ranger dan Catrice Goodbye Pores. Kombinasi kedua produk ini membuat makeup-ku jadi lebih tahan lama, pori tersamarkan dan satin.

Untuk pemakaian 2 lapis biasanya hanya aku gunakan ke beberapa acara penting aja yang musti makeup-an puooll, misalnya acara resepsi nikah atau ulang tahun tetua yang biasanya diselenggarakan di ruangan ber-AC. Karena aku risih kalau pakai foundation sampai dua lapis hanya untuk jemput anakku pulang sekolah, atau cuma pergi ngemall beli kebutuhan bulanan. Hasilnya gimana? Pastinya lebih maksimal karena aku pakai primer juga.


pemakaian 2 lapis foundation ini selama 5 jam dengan pemakaian primer

Menurutku coveragenya itu medium to full. Untuk seseorang yang punya banyak bekas jerawat yang masih baru (menghitam), bekas jerawatnya tetap harus di tutup dahulu dengan corrector. Kalau cuma pakai foundation ini daya tutupnya itu medium. Sementara untuk seseorang yang memiki bekas jerawat yang lebih sedikit ataupun tidak ada sama sekali, foundation Make Over ini cukup full coverage.

Sebagai foundation lokal dengan harga Rp165.000 bisa dibilang termasuk menengah, karena kualitasnya pun nggak standar aja. Lagian foundation bukan air minum yang sekali minum abis ya kan?

Kelebihan:
- Cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi (beberapa)
- Oil kontrol cukup baik
- Botolnya kaca dan ada pumpnya
- Worth the price

Kekurangan:
- Kadang bisa jadi terlalu kering di kulit kombinasi
- Kurang tahan keringat jika dipakai berpanas-panasan

Rating:
4 out of 5

Saran dari aku, kalau kalian mau pakai foundation ini untuk acara yang lumayan panas, gerah, dan pasti akan keringatan parah lebih baik gunakan primer terlebih dahulu dan face mist. Supaya performa foundation Make Over ini makin maksimal.



Sebenarnya ini tulisan ini keluarnya telat banget. Padahal aku belinya udah dari bulan Januari 2019. Tapi karena aku masih beradaptasi dengan kehidupan baru sebagai mom of two, jadi aku baru sempat nulis lagi belakangan ini. Semoga tulisan ini masih membantu yaa. :)

Have a nice day!

Thank you for reading!

See you in the next post!

XOXO
Liamelqha


You May Also Like

4 comments

  1. Ini salah satu foundie favoritku mba lia. Enggak bikin break out di aku, terus ringaaan. Cukup sekali oles sudah mantep.

    Btw, Aku malah lebih parah, enggak bikin reviewnya dan keburu habis foundienya wkwk. Males foto soalnya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, 1 lapis ajah udah mantep. 2 apalagi ya kann. Wkwk, aku takut kebablasan foundienya abis mba Yo, makanya pas ada waktu buru-buru ku fotoin. Terus catet juga reviewnya.

      Delete
  2. Pas lihat hasilnya kelihatan masuk banget warnanya di kulitmu, kok aku ikutan puas yak ahahah Seneng gitu kalau ada foundie yg bisa match banget sama warna kulit. Jadi bisa bantu ngeratain warna kulit yg ngga rata yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah kak. pas banget di aku warna ini. Jadi bisa dipake dikit ajah buat ngeratain warna kulit, makanya bisa dipake setiap hari. hihi..

      Delete

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya.

Thank you. ^^