RandomTalk: Ini Cerita Tentang Aku dan Beautiesquad || Liamelqha

by - Thursday, November 30, 2017

Welcome back to JourneyAboutMakeup!

Apa kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu yahh.

Tulisan kali ini spesial banget. Karena aku akan bercerita sedikit tentang perjalanan blogging aku yang masih seumur jagung bersama dengan Beautiesquad. Kenapa Beautiesquad? Karena tulisan ini khusus untuk hari jadi Beautiesquad yang pertama. Yeay!


Siapakah Beautiesquad? Beautiesquad merupakan sebuah komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama. Awal aku bergabung dengan Beautiesquad itu anggotanya masih beberapa orang ajah. Kenapa aku bisa tau ada komunitas yang namanya Beautiesquad? Jadi, aku tuh lagi blog walking ke blognya Liana Eka dan aku membaca tentang makeup collaboration yang mereka adakan. Nahhh, aku jadi tertarik dong bisa seru-seruan dalam sebuah makeup collaboration gitu kan. Terus, aku kode-kode tuh ke Liana bilang seru bisa punya komunitas gitu dan seru-seruan kolaborasi makeup gitu. Untung Liana itu ngeh dikodein sama aku, nggak kayak dia *eaaakkk*. Terus diajakin ikutan kolaborasinya dan tanpa pikir panjang aku langsung menghubungi Liana. Kemudian aku di undang masuk ke grup Whatsapp Beautiesquad.


Karena aku gabungnya setelah kolaborasi pertama selesai, jadi aku ikutan kolaborasi kedua di bulan Desember. Karena Beautiesquad juga bulan Desember 2016 aku langsung TLD (Top Level Domain) biar tahun baru blog baru juga *wkwkwk*. Terus dari Beautiesquad juga aku tau apa itu blog walking, adsense, responsive template, SEO (ini masih tetap dipelajari sampai sekarang) dan pastinya racun produk dan tren makeup.

Singkatnya makin lama makin banyak temen-temen yang bergabung dengan Beautiesquad. Lalu kita kepikiran untuk membuat komunitas ini lebih serius lagi dan kita bentuklah sebuah kepengurusan kecil-kecilan. Meskipun waktu itu anggotanya masih sedikit di kepengurusan ini juga nggak semulus pantat bayi. Kita juga kadang berbeda pendapat, berdebat, sedih, kesel, bahagia, pokoknya kayak orang pacaran LDR gitu dehh.. Yang LDR-an jangan baperrr. I feel you *wkwk*. Tapi demi mencapai visi kita bersama masing-masing dari kita harus menurunkan ego. Jadi kepengurusan sekarang itu ada siapa aja hayo? Udah pada kenal?





Terus tujuannya Beautiesquad ini apa sih? Cuma chit chat doang? Oh, nggak dongg! Kita juga visi dan misi lho, yaitu:

- Visi :
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia,
2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer.
- Misi :
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan,
2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand,
3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).

Kembali ke cerita tentang aku dan Beautiesquad. Aku itu belajar banyak banget tentang dunia blog dari teman-teman di sana. Bahkan sampai sekarang aku masih belajar, karena yang namanya ilmu itu kan nggak ada habisnya ya kan?

Aku masing inget banget, dulu sebelum bergabung dengan Beautiesquad page view blog aku berdasarkan Google Analytic itu baru 100 sampai 200-an perbulan. Terus sekarang sebulan itu bisa 10 kali lipat dari dulu. Memang page view ku masih cilik, dibandingkan dengan teman-teman yang lain. Tapi aku bangga karena itu hasil usahaku sendiri dari konten yang aku tulis di dalamnya. Meskipun bounce rate dan lain-lainnya masih tinggi, tapi aku masih tetap berusaha untuk membuat blogku jadi lebih baik agar nyaman di baca.


Dari Beautiesquad aku juga tau kalau blog yang sudah TLD itu penting. Makanya Desember tahun 2016 aku langsung TLD. Yah belum terhitung 2 bulan sejak aku bergabung dengan Beautiesquad aku langsung mengambil salah satu langkah penting untuk blog ku. Tapi habis TLD itu ada masa dukanya, karena beberapa data blog itu jadi ngulang dari awal. Lalu karena DA dan PA itu penting aku bolak-balik ngecekin nilai DA/PA-ku yang nggak naik-naik masih tetap di angka 0. Padahal aku udah ngikutin petunjuk dari sebuah komunitas blogger juga dan akhirnya aku curhat di grupnya Beautiesquad tentang DA/PA ku yang nggak bergerak sama sekali. Iyah kita curhat-curhatan juga di sana. Terus dibilangin kalau baru TLD emang data agak lama, seperti datanya belum masuk sepenuhnya atau apa gitu dan disuruh bersabar. Jadi sampai hampir setengah tahun sejak TLD dan aku sampai lupa kalau aku lagi penasaran sama DA/PA, terus diingetin sama Annisa. Katanya udah ada update-an DA/PA dan langsung aku cek. Akhirnya nilai DA/PA ku akhirnya muncul.

Setelah ikut dalam beberapa kerja sama Beautiesquad dan proyek sponsor, aku juga menyadari blogging juga perlu niat dan disiplin waktu. Meskipun nge-blog nggak ada atasan yang ngawasin, nggak harus ngisi absen tiap hari, atau nggak ada jadwal jam kerja yang ketat jam 8 sampai jam 5 tapi kita tetap harus displin waktu. Agar tidak mengecewakan pihak-pihak lain yang bekerja sama dengan kita. Aku pernah lagi nggak ada ide, nggak ada niat terus nggak jelas waktu ngeblognya jam berapa dan berakhir aku kejar setoran beberapa jam sebelum waktunya publish tulisan baru aku nulis. Luar biasanya nulisnya jadi lancar, tapi kerjaanku yang lain jadi keteteran. Yah emang sih kadang itu ada yang namanya "the power of kepepet", tapi cukup sekali itu ajah sih. Mentok-mentok satu hari sebelum jadwalnya publish sebisa mungkin aku selesaiin dan kerjain sesuai jadwalku.


Baca juga: Ice Cream Makeup

Yang lebih seru itu adalah makeup collaboration yang diadakan setiap bulan dengan tema yang berbeda-beda. Ada-ada ajah sih tema yang kita usung, ada yang normal ada yang nggak normal tapi tetep keren-keren. Pernah ada Element Makeup Collaboration yang disponsori oleh Inez Cosmetics. Ada juga Makeup buat Lebaran dengan sub tema tim opor (natural makeup) dan tim rendang (bold makeup), ini keren juga karena kita berkolaborasi dengan beberapa komunitas blogger. Yang unik juga adalah Ice Cream Makeup Collaboration untuk memeriahkan hari es krim internasional.


Masih ada beberapa kolaborasi lagi yang pernah kita buat untuk seru-seruan dan mengasah kemampuan makeup masing-masing. Tapi sepertinya aku pernah nggak ikutan 2 kolaborasi karena aku lagi sibuk banget dan lagi kurang sehat. Karena takut nggak bisa ngikutin timeline-nya jadi aku memutuskan untuk nggak ikutan.


Aku juga pernah beberapa kali mendapatkan kerja sama review produk dari Beautiesquad. Koleksi eyeshadow, lipstik dan lip creamku juga bertambah karena Beautiesquad *wkwk*.


Di bulan Anniversary Beautiesquad ini, aku berharap semoga kedepannya Beautiesquad makin berkembang dari Sabang sampai Merauke. Officer-nya makin solid, pastinya makin maju. Yang paling diharapkan, semoga aku bisa ketemu sama semua teman-teman Beautiesquad.

Serukan pengalaman aku di Beautiesquad?? Kamu udah ikutan gabung dengan Beautiesquad?

Thank you for reading!

Have a nice day!

See you in the next post!

XOXO
Liamelqha

You May Also Like

0 comments

Halo! Terima kasih sudah mampir di Journey About Makeup. Jangan lupa isi kolom komentar yah, tentang isi postingan, produk, maupun cara penulisan aku. Sharing is caring, right! ^^

Tapi jangan meninggalkan jejak link hidup yah. ^^
Kalau kalian meninggalkan jejak link hidup disini, maaf akan aku hapus komennya dari kolom komentar ya. Y

Thank you. ^^